Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ru’yat : Peminat Jurusan Teknik Komputer Mendominasi PPDB Kabupaten Purwakarta

Sabtu, 26 Juni 2021 | 12:29 WIB Last Updated 2021-06-28T05:34:20Z

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru'yat saat meninjau PPDB di Kab.Purwakarta  

PURWAKARTA, Faktabandungraya.com,--- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 Tahap I di Kabupaten Purwakarta didominasi oleh calon siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru'yat mengatakan, peminat siswa SMK terutama dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) menjadi permasalahan yang konkrit.

Pasalnya jumlah pendaftar untuk jurusan tersebut sangatlah banyak serta hingga saat ini masih banyak SMK swasta yang mendirikan jurusan dengan keahlian Teknik Komputer Jaringan.

"Ini harus menjadi perhatian karena saat ini di Jawa Barat SMK menjadi kontribusi pengangguran terbanyak, salah satunya di Kabupaten Purwakarta banyak sekali tingkat pengangguran dari Jurusan TKJ," katanya saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang.

Ru'yat menambahkan, menyikapi fenomena tersebut, ini harus menjadi perhatian penuh dalam penerimaan siswa baru saat ini.

"Harus diawasi terkait perizinan untuk SMK swasta yang memiliki program tersebut jangan dikasih ruang lagi, untuk meminimalisir penumpukan siswa yang menjadi tidak efektif," tambahnya.

Kedepan, Ru'yat menginginkan KCD Kabupaten Purwakarta harus memiliki peranan penting dalam menumpas problem terkait peminat SMK dengan program keahlian TKJ, terutama terkait sosialiasi program jurusan yang mempunyai prospek baik seperti jurusan arsitektur dan lainnya. (*/sein).

×
Berita Terbaru Update