Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Kebutuhan SDM Kesehatan Profesional Dan Unggul, Perti APIKES Bandung Dipersiapkan Menjadi POLTEKKES Bandung

Direktur APIKES Bandung, Dra.Hj.Tiny Rahayu, M.Si., M.M.Kes ( foto: dok.istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Perguruan Tinggi  Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan ( Perti APIKES) Bandung  kini tengah dipersiapkan menjadi Politeknik Kesehatan  (POLTEKKES) Bandung.  Untuk itu, APIKES Bandung di bawah naungan Yayasan Bina Administrasi (YBA)  kini tengah melakukan berbagai persiapan dan kesiapan,  baik dari sisi Manajemen, Administrasi dan Fasilitas Kampus, termasuk Ruang Perkuliahan.

Direktur APIKES Bandung, Dra.Hj.Tiny Rahayu, M.Si., M.M.Kes., membenarkan bahwa Perti APIKES Bandung dibawah naungan YBA  kini sedang dipersiapkan menjadi Politeknik Kesehatan, untuk itu, kita tengah melakukan berbagai persiapan dan kesiapan sebagai mana dipersyaratkan oleh  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV Jabar dan bahkan Rekomendasi dari  LLDikti Wilayah IV Jabar sudah disampaikan ke Kementerian Dikbud-Restek Dikti di Jabarta. 

Sembari menunggu hasil kajian dan ijin perubahan status dari Akademi menjadi Politeknik dari Kemendikbud-Restek Dikti, Perti APIKES Bandung, terus berbenah diri meningkatkan Sumber daya manuasi (SDM),   menambah fasilitas  pendidikan,  ruang kuliah beserta aula yang dilengkapi fasilitas Multimedia, Lab. Rekam Medis, Lab. Komputer dan Sistem Informasi, Perpustakaan, Pusat Karir, Pusat kegiatan mahasiswa, Akses internet gratis, dan magang di Rumah Sakit, kata Direktur APIKES Bandung, Hj. Tiny Rahayu saat ditemui di Kampus I APIKES  Bandung, Senin (20/09/2021). 

Dikatakan, perubahan status APIKES menjadi POLTEKKES, hal ini terkait akan ada penambahan 4 prodi baru, MIK, (D4), K3 (D4), Teknologi Bank Darah (D3), dan Kesehatan Gigi (D3), yg sudah direkomendasi oleh LLDiktiWilayah IV Jabar, dan saat ini kita menunggu keluar izinnya dari Kementrian Dikbud, RistekDikti, ujarnya.

Direktur APIKES Bandung, Hj. Tiny Rahayu mengungkapkan bahwa APIKES Bandung merupakan Perguruan Tinggi pertama di Jawa Barat yang menyelenggarakan Pendidikan Vokasi (D3) Perekam Medis dan Informatika Kesehatan sejak Tahun 2001. 

Kini keberadaraan Perti APIKES Bandung terus berkembang dan bahkan sudah memiliki dua kampus, untuk Kampus I berlokasi di Jalan Muararajeun Lama No. 51 Kota Bandung dan Kampus 2 berlokasi di Jalan Cipagalo Girang No. 24 Margasari Buahbatu Kota Bandung.

Sejak didirikannya APIKES Bandung telah berhasil membuktikan diri sebagai unggulan melalui peran, fungsi dan pengabdiannya di bidang Manajemen Informasi Kesehatan, dengan konsentrasi pada peningkatan kompetensi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Proses Pendidikan, Pengkajian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Perti APIKES Bandung sebagai perguruan tinggi pelopor di Jawa Barat yang menyelenggarakan Pendidikan Vokasi (D3) Perekam Medis dan Informatika Kesehatan, tentunya kami akan selalu konsisten menjadi tolak ukur kualitas dan pelayanan pendidikan yang mendapat apresiasi yang tinggi di mata masyarakat. Hal ini, karena alumni APIKES Bandung memang sangat dibutuhkan oleh seluruh Rumah Sakit, Klinik-klinik, bahkan BPJS dan perusahaan asuransi, sehingga banyak alumni yang bekerja di semua lini kesehatan,kata Direktur Bandung Hj. Tiny Rahayu. 

Bahkan kata Hj Tiny Rahayu,, lulusan APIKES Bandung belum sempat diwisuda sudah mendapatkan pekerjaan dengan melalui pihak user datang ke kampus untuk melaksanakan seleksi calon karyawan, sehingga menjadi pusat unggulan (Centre of Excellence) di bidang rekam medis kesehatan.

Lulusan APIKES Bandung dari alumni pertama hingga kini, sudah berkiprah dan berperan aktif secara langsung dalam pemerintahan maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia, ujarnya.

Lebih lanjut, Direktur APIKES Bandung ini mengatakan melihat cukup besarnya animo para lulusan SMA sedrajat yang ingin melanjutkan ke pendidikan vokasi khusus di bidang Perekam Medis dan infomasi Kesehatan . Maka kami sangat menyadari kedudukan, peran dan fungsi Perti APIKES Bandung. Untuk itu, kami terus berusaha meningkatkan kemampuan dalam menggali, mengembangkan dan mengamalkan ilmu Rekam Medis dan Informatika, serta penerapan teknologi, sehingga mampu bersaing secara global dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas yang kompetitif ini antara lain dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai Rumah Sakit Nasional maupun Internasional yang kompeten dalam bidang Rekam Medis dan Informatika.

Melihat animo masyarakat  yang berminat masuk Perti APIKES cukup tinggi dan seiring dengan kebutuhan SDM Bidang Kesehatan, baik Rekam Medis, Informasi Kesehatan, Teknologi Bank Darah, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, termasuk Kesehatan Gigi , untuk itu, Perti APIKES  akan dikembangkan menjadi POLTEKKES, ujarnya. 

Hj. Tiny juga menambahkan bahwa di APIKES Bandung memiliki mata kuliah unggulan yaitu meliputi : Biostatistik/Statistik Pelayanan Kesehatan, Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, Pemrograman/basis data/algoritma, Sarana pelayanan kesehatan, Klasifikasi dan kodifikasi penyakit, Electronic medical record dan case mix BPJS kesehatan, tandasnya. (Minda/sein).