Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Kerap Meluap dan Banjiri Pemukiman, Satgas Citarum Sektor 21-13 Bantu Warga Bersihkan Aliran yang Tersendat


CIMAHI, faktabandungraya.com
,--- Jajaran Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 13 bantu warga membersihkan selokan yang kerap meluap dan membanjiri pemukiman warga ketika turun hujan deras.


Selokan yang berada di wilayah Kelurahan Melong, menghubungkan antara RW 01 dan RW 14. Luapan air selokan yang sering terjadi akibat tersendatnya aliran di wilayah hilir, sehingga luapan selokan di aliran yang dilintasi menyebabkan banjir.

Ditemui seusai kegiatan bersama warga, Satgas Citarum Sektor 21 melalui Serka Zenal Zaenudin menyatakan, tugas dan fungsi TNI AD sesuai dengan 8 wajib TNI membantu masyarakat di sekeliling nya.

Khususnya tugas sebagai satgas citarum sektor 21, menjaga kelestarian DAS Citarum. Salahsatunya membantu di wilayah-wilayah yang memiliki dampak lingkungan.

"Secara kewilayahan, (kelurahan) Melong masuk ke dalam (sektor 21) subsektor 13. Terkait masalah tugas dan tanggung jawab satgas di sungai itu memang untuk sungai yang agak besar (DAS Citarum)," ujarnya.

"Tapi tugas dan fungsi sebagai TNI AD dalam artian membantu masyarakat, harus sesuai dengan 8 wajib TNI. Membantu kesulitan rakyat di sekeliling nya," tegasnya.

"Apalagi kita adalah satgas citarum sektor 21, menjaga kelestarian DAS Citarum. Karena dampak dari (persoalan) di wilayah akan bermuara juga ke sungai yang berada di DAS Citarum,"ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Serka Zaenal, momentum kegiatan yang dilakukan warga, khususnya di wilayah RW 1 Kelurahan Melong ini sangat positif.

"Momentum ini sangat positif, kita perlu melestarikan jiwa gotong royong yang sudah mulai pudar. Dengan ada nya gotong royong membersihkan sungai, paling tidak masyarakat itu rasa pedulinya timbul kembali," harapnya. (cuy)