Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Pepep Saeful : SMS Menjadi Kawasan Metroplitan Baru di Jabar

H.Pepep Saeful Hidayat, S.Ikom, anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra-Persatuan (foto:istimewa).

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Tiga Kabupaten di Provinsi Jawa Barat dalam waktu tidak terlalu akan menjadi kawasan Metropolitan Baru, karena ketiga daerah itu memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi . 

Menurut Anggota DPRD Jabar H.Pepep Saeful Hidayat. S.Ikom, ketiga daerah yang akan menjadi kawasan metropolitan baru di Jabar yaitu Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang.

Ketiga daerah tersebut memiliki potensi masing-masing, Untuk Kabupaten Sumedang ada Bandungan/ Waduk Jati Gede yang mampu mengairin ribuan hektar sawah pertanian. Dan bisa juga menjadi salah satu distenasi wisata.

Untuk Kabupaten Majalengka, kita sudah ada Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Walaupun BIJB Kerjati belum maksimal dalam melakukan penerbangan, tetapi kedepan akan dijadikan Bandara untuk pemberangkatan jamaah Umrah dan Haji asal Jabar. Bahkan diakan dijadikan bandara ekpor-inpor Jabar.

Sedangkan di Kabupaten Subang, kini sudah beroperasional Pelabuhan Patimban. Dirancang dan diperuntukan sebagai pelabuhan ekpor-impor  kebutuhan komoditi dan komersil. Sehingga kedepan, dalam ekspor-inpor dari dan ke Jabar tidak lagi melalui pelabuhan Tanjung Periuk-Jakarta. 

“Jadi kenapa tadi kenapa saya katakan tidak lagi akan ada kawasan Metropolitan baru di Jabar”, kata Pepep, anggota Komisi III DPRD Jabar ini  kepada wartawan saat ditemui di gedung DPRD Jabar, Selasa (23/11/2021). 

Dikatakan, walaupun saat ini kita masih dalam kondisi pandemi, tetapi sudah mulai kehitan pertumbuhan perekonomian, di tiga wilayah  tersebut. Hal ini seiring dengan semakin menurunnya kasus covid-19 di seluruh wilayah Jabar, ujarnya. 

Lebih lanjut Politisi PPP Jabar ini mengatakan, selian memiliki potensi di tiga kabupaten SMS (Sumedang-Majalengka-dan Subang), kini pemerintah Jabar  tengah mengembangkan kawasan Rebana, dimana didalamnya termasuk Kab.Sumedang, Majalengka dan Subang.  Ditambah Cieron, Indramayu dan Kuningan. 

Pepep menambhakan, Pepep dengan menjadi salah satu kawasan metropolitan yang dicanangkan pemerintah provinsi Jawa Barat, ketiga kawasan tersebut kedepan akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jabar.

"Perekonomian Jawa Barat akan meningkat secara signifikan dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Hal ini seiringan dengan pemulihan perekonomian regional Jabar dan Nasional, tandasnya. (adikarya/husein).