Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bank bjb Dorong Kemajuan Ekonomi Desa Lewat Penghargaan BumDes bjb Bungah

Rabu, 15 Desember 2021 | 20:45 WIB Last Updated 2021-12-15T13:45:47Z

Bank bjb beri pernghargaan bagi BUMDes (foto:istimewa). 
BANDUNG, -- Sebagai bank pembangunan daerah, bank bjb senantiasa memiliki komitmen untuk memajukan perekonomian masyarakat, tak terkecuali masyarakat desa. Oleh karenanya, bank bjb telah menjalin berbagai kerja sama program dengan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di berbagai wilayah, terutama Jawa Barat dan Banten.

Salah satunya adalah dengan menggelar acara apresiasi terhadap BumDes yang tercatat telah memaksimalkan perannya dalam memfasilitasi masyarakat mengakses layanan keuangan. Apresiasi tersebut diberikan dalam gelaran Penghargaan BumDes bjb Bungah di Kota Bogor, Senin 6 Desember 2021.

BumDes yang hadir adalah para BumDes mitra PPOB bank bjb. Dalam kesempatan tersebut, BUmDes Munjul Jaya Kabupaten Subang diganjar berbagai hadiah dan dinobatkan sebagai BUMDes terbaik mitra PPOB bjb tingkat provinsi bersama BumDes Ciasem Baru Bersatu.

"Sebagai bentuk apresiasi bagi BumDes sebagai agen PPOB bjb, kami memberikan penghargaan kepada BumDes dengan transaksi tertinggi di pembayaran pajak kendaraan dan PBB,” ungkap Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bjb Isa Anwari pada acara pemberian penghargaan.

Adapun kriteria penilaian apresiasi didasarkan pada jumlah transaksi terbanyak dalam kategori pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di masing-masing BumDes. Minimal tercatat 300 transaksi PKB dan PBB melalui PPOB untuk BumDes kabupaten/kota, dan minimal 500 transaksi untuk BumDes kategori tingkat provinsi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Subang Lovita Adriana Rosa mengatakan bahwa dirinya turut berbahagia atas prestasi yang telah diraih BumDes di Subang. Para pengurus BUMDes tersebut, dia mengatakan, rutin berdiskusi dan senantiasa didorong untuk meningkatkan  partisipasi pembayaran setoran pajak warga desa.

Bank bjb beri pernghargaan bagi BUMDes (foto:istimewa).

"Dengan pemahaman yang baik, para pengurus BUMDes memberikan rekomendasi-rekomendasi perpajakan bagi masyarakat. Langkah ini merupakan upaya Samsat Subang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak. Sebagai salah satu sumber pemasukan bagi daerah, pajak menjadi elemen penting dalam mensukseskan program-program kesejahteraan rakyat," ungkap Lovita.

Selain BumDes Munjul Jaya dan BumDes Ciasem Baru Bersatu, penghargaan juga diberika kepada BumDes Dukuh Mulya dan BumDes Bina Mandiri sebagai perusahaan yang aktif dan memiliki jumlah transaksi tinggi.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, apresiasi bank bjb terhadap BumDes adalah hal yang penting untuk diberikan mengingat BumDes memiliki peran penting dan strategis dalam menggerakkan perekonomian masyarakat di pedesaan, khususnya pascapandemi.

"BumDes juga berperan besar dalam mendorong kemajuan usaha masyarakat hingga menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pada akhirnya, BumDes dapat membantu meningkatkan pendapatan desa. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, hal ini bisa bergerak menjadi sumber kemajuan ekonomi desa," ungkap Widi. (*/red).

×
Berita Terbaru Update