Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bapemperda Minta Besaran Dana Pilgub Jabar 2024 Dihitung Ulang

Rabu, 01 Desember 2021 | 08:17 WIB Last Updated 2021-12-01T01:17:16Z

Sidang pripurna DPRD Jabar dengan agenda laporan Bapemperda DPRD Jabar  (foto:husein). 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) DPRD Jawa Barat telah menerima usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang dana Cadangan Daerah (DCD) untuk Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024.

Dalam usulan Raperda DCD tersebut pemerintah provinsi Jabar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) menyampaikan  besaran dana yang dibutuhkan.

Sebelumnya KPU Jabar sudah menyampaikan rincian kebutuhan Pilgub/wagub 2024 sebesar Rp.2,708 triliun, dengan rincian untuk kebutuhan KPU kurang lebih Rp.2,4 triliun dan kebutuhan pengamanan da lain-lain sebesar Rp.301 miliar.

Menurut Wakil Ketua Bapemperda DPRD Jabar H.Kusnadi, SIp, usulan Raperda DCD Pilgub Jabar 2024 sudah  pelajari dan kaji Pimpinan dan Anggota Bapemperda.

Bapemperda DPRD Jabar  menyarankan agar besaran dana yang diperlukan untuk Pilgub 2024 sebesar Rp.2.708 triliun untuk dihitung ulang serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“ Saran Bapemperda agar besaran usulan dana Pilgub 2024 agar dihitung ulang dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah”, kata Kusnadi kepada Faktabandungraya.com, saat ditemui di gedung DPRD jabar, Selasa (30/11/2021).

Dikatakan, kenapa Bapemperda minta hitung ulang, karena keuangan provinsi jabar belum sepenuhnya pulih sebagai imbas dari Pandemi Covid-19.

Disamping itu, politisi senior Golkar Jabar mengtakan, bahwa Pilgub Jabar  2024 merupakan pemilu serentak di seluruh Kabupaten/kota se Jabar. Oleh karenanya perhitungan kembali perlu dilakukan untuk menghindari tumpang tindih penganggaran oleh provinsi/ kabupaten maupun kota.

Alhamdulillah, setelah kita koordinasikan dan komunikasikan dengan Pemprov Jabar dan KPU Jabar, mereka menerima saran Bapemperda dan siap membentuk Tim untuk melakukan revisi penganggaran yang diperlukan untuk Pilgub Jabar 2024.

Pihak Pemprov Jabar maupun KUP Jabar berjanji akan memberikan hasil revisi usulan anggaran kepada DPRD jabar melalui Bapemperda, ujar Kusnadi yang juga anggota Komisi IV DPRD Jabar ini.

Lebih lanjut legislator Jabar dari dapil Jabar 6 kabupaten Bogor ini mengatakan, Bapemperda sangat memahami bahwa Raperda tentang Dana Cadangan Daerah untuk Pilgub 2024 perlu segera dibahas dan ditetapkan.  Namun, tentunya perlu dipastikan kelayakan dari sebuah Raperda dari semua aspek sebelum dibahas olehDPRD jabar.

“Kita di Bapemperda DPRD Jabar sangat bersungguh-sungguh akan mengawal Raperda Dana Cadangan Daerah, mulai dari awal hingga akhirnya ditetapkan”, tandasnya. (adikarya/husein). 

×
Berita Terbaru Update