Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Desta Sulaesih Mursyidah : Memelihara Positive Thoughts di Lingkungan Kerja

Kamis, 09 Desember 2021 | 09:27 WIB Last Updated 2021-12-09T02:27:24Z

Desta Sulaesih Mursyidah ( Dosesn Tetap Universitas Nurtanio Bandung) 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anda bangun di pagi hari dan hari itu Anda bekerja. Seketika itu Anda merasa sangat berat. Jika Anda cukup tidak menyukai pekerjaan Anda, mungkin Anda akan merasa hari itu merupakan mimpi buruk.

Mungkin juga Anda merasa seperti berada di film London Has Fallen atau Mission Impossible, dimana Anda harus menghadapi berbagai tantangan berat bukan dari penjahat bukan juga dari teroris, melainkan dari lingkungan kerja Anda. Tetapi jika Anda bahagia dengan pekerjaan Anda, Anda akan bahagia juga.

Anda tetap tidak menyukai karakteristik pekerjaan maupun lingkungan pekerjaan yang Anda miliki sekarang?Atau kah Anda memang membangun mindset yang negatif mengenai pekerjaan Anda sekarang?Anda akan melihat hasil yang luar biasa, jika Anda berusaha untuk berpikir positif. Kekuatan luar biasa akan terpancar dari diri Anda bahkan dapat memengaruhi orang-orang sekitar Anda agar dapat berpikir dan berlaku positif juga. Pikiran kita lah yang mengendalikan diri kita, bukan orang lain.Tidak percaya kah Anda? Mari kita buktikan.

Demikian dikatakan Desta Sulaesih Mursyidah, adalah seorang dosen tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung dan karyawan tenaga pendidik di lingkungan Universitas Nurtanio Bandung saat ditemui dirumahnya, Rabu (08/12/2021).

Desta menangkap beberapa peristiwa stres yang dialami oleh para pekerja di saat pandemi ini berdasarkan dari beberapa hasil survey di media.

Diantaranya adalah stres yang diakibatkan karena kekhawatiran akan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga. Selain itu, perasaan cemas berlebihan yang merupakan indikator stres juga ia temukan pada beberapa penelitian mahasiswa yang diuji sidang skripsi olehnya. Hasil penelitian mahasiswa membuktikan bahwa stres mengakibatkan burnout dan penurunan produktivitas. Untuk menguranginya, maka berpikiran positif adalah hal yang paling sederhana tetapi berdampak besar.

Berikut serangkaian manfaat berpikiran positif di lingkungan kerja menurut Desta adalah mengurangi level stres, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kemampuan problem solving dan decision making,mendapatkan berbagai peluang baik, mudah terlibat dan dapat berkomunikasi baik dengan rekan kerja, membantu mengelola konflik, meningkatkan kegembiraan, mendapatkan dukungan dari rekan kerja-atasan-dan bawahan, mendapat kepercayaan dari berbagai pihak, serta meningkatkan self image.

Bagaimana Anda dapat memelihara kebiasaan untuk berpikir positif? Menurut Desta, “Kita dapat meluangkan waktu untuk memproses informasi. Misal, ketika kita bekerja dengan orang yang menurut kita punya bad attitude, kita biasanya langsung kesal dengan orang tersebut. Kesal boleh tapi hanya sebentar. Jadi cobalah untuk meluangkan waktu mengubah pikiran kita menjadi lebih positif. Kita bisa berpikir mungkin mereka sedang mengalami hari yang buruk atau beban yang cukup berat di luar pekerjaan mereka.”

Selain itu, tidur yang cukup dalam semalam selama 6 - 8 jam akan membantu membuat tubuh lebih sehat. Menurutnya, aktivitas apapun dapat diusahakan untuk berhenti sebelum jam 11 malam. “Kalau kita mau bangun untuk shalat subuh jam 5 pagi, maka jam 10 atau jam 11 malam harus sudah tidur, dan itu membuat kita bisa lebih bugar” tuturnya.

Berikutnya adalah luangkan waktu untuk hobi atau aktivitas apapun yang Anda sukai. Menurutnya, hobi dapat meningkatkan suasana hati dan memberi rehat sejenak pada tubuh.“Misalnya, bernyanyi, jogging, video call dengan keluarga atau teman-teman, menonton, dan kegiatan apapun yang disukai silahkan dilakukan.”

Selanjutnya adalah posisikan diri Anda selalu berada di sekeliling orang-orang yang positif. Memupuk hubungan dengan rekan-rekan kerja yang positif akan mendorong diri Anda untuk ikut menjadi diri yang positif.

 “Selalu bersyukur, bersyukur, dan bersyukur. Catatlah hal-hal positif apa yang telah Anda capai setiap hari nya. Bersyukur kepada Tuhan karena kita masih diberikan nafas dan usia untuk dapat berbuat baik pada sesama “, ujar dosen muda ini.

Selanjutnya, ubah pikiran negatif pada diri Anda. Pertanyakan apakah yang Anda pikirkan itu benar? Cobalah untuk menggantinya dengan pikiran yang positif. “Mungkin ketika Anda diberikan tenggat waktu sedikit untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, cobalah untuk mengubah mindset Anda bahwa ini dapat membuat Anda tertantang dan meningkatkan keterampilan Anda untuk bekerja cepat.”, tutur ibu dari Rasyid Kusumah ini.

Ia menambahkan, mungkin ada saatnya pikiran positif Anda tergelincir. Saat itulah Anda dapat mencari hal-hal baik.

“Carilah hal-hal baik di sekitar kita, misalnya keluarga yang menyayangi, seseorang yang memberikan makan kepada kucing, keindahan alam semesta, atau kebaikan orang lain kepada diri kita. Cobalah untuk membawa hal tersebut ke tempat kerja.” ujar istri dari Minda Kusumah ini

Terakhir, tetap tersenyum dalam segala kondisi, karena menurutnya dengan tersenyum suasana hati akan meningkat dan pikiran akan menjadi lebih positif.

Cobalah dalam sehari, dua hari, 1 minggu, 1 bulan, dan seterusnya, Anda akan merasakan dampak luar biasa terhadap kehidupan bekerja, jika Anda menantang diri Anda untuk selalu berpikiran positif. Selamat menantang diri Anda, pungkasnya. (minda/red).

×
Berita Terbaru Update