Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Menuju New Normal Pasca Pandemi Covid-19

Rabu, 15 Desember 2021 | 10:21 WIB Last Updated 2021-12-15T03:21:53Z

H. Kusnadi SIp ( anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Golkar (foto:istimewa). 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah terus berupaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional menuju New Normal pasca pandemic covid19.

Berbagai program perekonomian telah diluncurkan oleh pemerintah pusat , provinsi maupun kabupaten/kota untuk kembali menggeliatkan sector ekonomi yang selama hampir 2 tahun dihantam pandemi covid-19.

Anggota DPRD Jawa Barat H. Kusnadi Sip dari Fraksi Partai Golkar mengatakan, kebijakan program pemulihan ekonomi nasional dan daerah yang dikeluarkan pemerintah, secara perlahan pertumbuhan kini mulai bangkit. 

Namun, pertumbuhan ekonomi jangan hanya dilihat dari angka persentase pertumbuhan secara periodik, tetapi harus berkualitas dan mengutamakan pertumbuhan ekonomi berkesinambungan. Karena selama pandemi covid-19, sector ekonomi kita mengalami terjun bebas.

“ Alhmadulillah, sekarang secara bertahap sector ekonomi mulai bergairah dan bangkit kembali”, kata Kusnadi yang juga Bendahara Fraksi Partai Golkar  DPRD Jabar ini, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (15/12/2021).

Dikatakan, selama pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) provinsi Jawa Barat turun cukup segnifikan, bahkan di tahun 2021 ini turun sekitar Rp.5 triliun. Untuk itu, guna mendongkrak PAD, DPRD Jabar mendorong dan mensupport pemerintah provinsi Jabar agarterus berinovasi dalam meningkatkan PAD.   

Pemulihan ekonomi, memang tidak bisa dilakukan secara instan, perlu waktu dan  juga tentunya akan ada sejumlah tantangan dalam upaya pemulihan ekonomi, terutama saat ini kesenjangan social antara si-kaya dan si miskin Nampak jelas., ujarnya.

Prospek pertumbuhan ekonomi, lanjut Kusnadi, sebaiknya tidak dilihat dari sisi waktu atau kapan pertumbuhan ekonomi tersebut bisa dilakukan atau terrealisasikan, akan tetapi harus digagas dan kemudian dicanangkan dalam waktu jangka panjang.

“Jangan membahas saat ini atau tahun depan, berbicara pertumbuhan ekonomi itu harus jangka panjang dan berkelanjutan, hal ini untuk mewujudkan cita-cita negara guna mensejahtetakan rakyatnya,” ujarnya.

“Di masa pemulihan ekonomi, tentunya golongan kaya mampu pulih lebih cepat dibanding kaum miskin, sehingga menjadikan persoalan baru yang harus dihadapi, kunci pemulihan pasca pandemi ini bagaimana cara recovery yang tepat,” ungkapnya.

Lebih lanjut politisi senior Golkar Jabar ini mengatakan, para pelaku usaha UMKM dan Ekonomi Kreatif mengalami dampak yang sangat luar biasa dihantam pandemi covid-19. Untuk itu, DPRD Jabar sangat mendorong agar para pelaku usaha UMKM dan Ekonomi Kreatif harus mendapat prioritas perhatian dari pemprov Jabar.

“ Kan sudah terbukti, keberadaan UMKM dan Ekonomi Kreatif sebelum pandemi covid-19 sangat memopang perekonomian masyarakat bahkan mewarnai kegiatan ekonomi nasioanl”, ujarnya.

Dukungan dari pemerintah untuk pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif bukan hanya dari segi pendanaan, tetapi pembinaan, pelatihan,literasi digital termasuk juga pemasaran.  Hal ini penting karena sector UMKM dan Ekonomi Kreatif  terbukti manjadi kekuatan dalam mengangkat perekonomian masyarakat, tmbahnya.

Kusnadi juga menghimbau kepada seluruh palaku usaha termasuk pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif  agar dalam setiap menjalankan aktitifitas jangan abai dan tetap disiplin Protokol Kesehatan 3M karena pandemi covid-19 belum berakhir, pintanya. (adikarya/husein).  

×
Berita Terbaru Update