Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Atasi Lahan Kritis, Komisi II Mendorong Pemprov Jabar Menggeliatkan Gerakan Menanam Pohon

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:24 WIB Last Updated 2022-01-24T01:22:28Z
anggota Komisi II DPRD Jabar, H.Mirza Agam Gumay dari Fraksi Gerindra (foto:istimewa).

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Menjaga dan melestarikan alam merupakan tugas kita bersama, namun, beberapa tahun belakang ini, tingkat kritis lahan semakin  bertambah. Hal ini tentunya memperihatinkan, sehingga tidak mengherankan sering terjadi bencana alam, baik berupa tanah lonsor dan banjir.


Bertambahnya lahan kritis tentunya tidak terlepas dari ulah segelintir manusia perambak hutan dan pembukaan hutan, sehingga membabat dan merusak lingkungan. Lahan hutan lindung dialih fungsikan menjadi perkebunan dan pertanian, bahkan menjadi perumahan. 


Menurut H.Mirza Agam Gumay, kondisi lakan kritis tidak cukup hanya merasa perihatin tetapi harus ada aksi nyata dalam mengatasi lahan kritis. Yaitu dengan melakukan reboisasi denganberbagai tanaman keras dan tanaman produksi. 


Untuk itu, Komisi II DPRD Jabar mendorong pemerintah provinsi Jabar melalui Dinas Kehutanan dalam setiap penyusunan anggaran untuk memasukan program gerakan menanam pohon/ merehabilitasi lahan dan hutan kritis.


Selain menggeliatkan gerakan menanam pohon, kita minta juga kepada Kepala daerah (Gubernur, Bupati dan Walikota) agar tidak mudah mengeluarkan ijin untuk alih fungsi lahan, kata Agam –sapaan—Mirza Agam Gumay dari Fraksi Partai Gerindra ini, Sabtu (22/01/2022).


Dikatakan, beberapa hari lalu,  Komisi II DPRD Jabar melakukan rapat kerja dengan Cabang DinasKehutanan Wlyah IV di Kabupaten Cianjur, terkait program kemitraan ( Lahan Kritis dan Hasil Hutan Non Kayu).   


Lebih lanjut wakil rakyat dari Dapil Jabar IV (Kab.Cianjur) ini mengatakan, dalam raker tersebut, Komisi II mengapresiasi KCD Kehutanan Cianjur yang telah mengembangkan program Agro Forest di lahan-lahan milik pemerintah provinsi Jabar. 


“ Terus terang Komisi II mengapresiasi KC Kehutanan Cianjur dalam Pengembangan Agro Forest dan bahkan kita mendorong agar ditingkatkan pola kemitraan dengan kelompok petani lokalguna pemanfaatan lahan untuk pertanian”, ujarnya.


Agam juga mengatakan, memang tidak mudah membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam membangun ekosistem atau lingkungan yang ramah terhadap kehidupan dan jauh dari bencana. Namun, mari kita bersama-sama berkontribiusi ikut berperan aktif menghijaukan dan menanam pohon-pohon keras kehutanan guna mengembalikan fungsi hutan, tandasnya. (adikarya/husein).


×
Berita Terbaru Update