Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sugianto : Ingatkan Pemprov Jabar Agar Berhati-hati Melakukan Ekspansi BUMD MUJ

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:46 WIB Last Updated 2022-01-24T01:30:52Z

Anggota Pansus VIII DPRD Jabar, H.Sugianto Nangolah, SH,MH (foto:istimewa)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota panitia khusus VIII DPRD Jabar H.Sugianto Nangolah, SH,MH mengatakan, DPRD Jawa Barat siap mendukung langkah pemerintah provinsi Jawa Barat dalam mengembangkan usaha bisnis BUMD milik Provinsi Jabar untuk dapat memberikan deviden bagi pendapatan daerah.

Namun demikian, dalam mengembangkan bisnis usaha BUMD harus benar-banar dikaji dan diperhitungkan untung ruginya, terutama dalam mengembangkan bisnis Minyak Bumi dan Gas. Kehati-hatian sangat penting, jangan sampai BUMD Migas Hulu Jabar (MUJ) yang sudah bagus dan sehat, malah jadi carut marut dan merugi.  

“DPRD Jabar akan mendukung kegiatan pengembangan usaha BUMD Milik Pemprov Jabar, namun harus berhat-hati, terutama dalam melakukan pengembangan / ekspansi bisnis Migas Hulu Jabar (MUJ). Apalagi ketika usahanya belum jelas”, Sugianto Nangolah ketika diminta tanggapnnya terkait wacana Pemprov Jabar untuk melakukan ekspansi bisnis BUMD PT.MUJ, Jum’at (22/01/2022).

Politisi Demokrat Jabar ini mengatakan, dua minggu yang lalu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan pengantar rancangan peraturan daerah (raperda) tentang perubahan kedua atas Perda Provinsi Jabar nomor 14 tahun 2013 tentang pembentukan Badan Usaha Milik Daerah bidang minyak dan gas bumi lingkup kegiatan usaha hulu.

Menindak lanjuti usulan Raperda Gubernur Jabar tersebut, maka dibentuklah Pansus VIII DPRD Jabar yang ditugasi untuk menggodok dan menyusun Raperda BUMD PT.MUJ, ujarnya.

Dikatakan, sebenarnya BUMD MUJ sudah berjalan cukup baik dan telah memberikan deviden bagi PAD Jabar. Namun, kerena akan dikembangkan ke lingkup usaha hulu (ekspansi), maka diperlukan payung hukum yaitu Perda.

Untuk itu, dalam menyusun Raperdanya, Pansus VIII DPRD Jabar, kita banyak mencari masukan dan informasi, baik ke kab/kota di Jabar, study banding ke provinsi lain maupun berkonsultasi ke Kementerian terkait.

Lebih lanjut Legislator Jabar dari dari Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan, kenapa DPRD Jabar meminta Pemprov Jabar agar berhati-hati dalam mengembangkan usaha bisnis BUMD ?. 

Hal ini karena kita tidak ingin dan jangan sampai BUMD yang sudah bagus, struktur perusahaan sudah bagus dan juga sudah mampu memberikan deviden kepada pendapatan daerah malah menjadi carut marut ketika ada perubahan ekspansi usaha," tandas Sugianto yang juga wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar ini. (adikarya/husein).

  

×
Berita Terbaru Update