Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DPRD Jabar Minta Pemprov Jabar Terapkan Empat Pilar Dalam Mendukung Program Desa Digital

Selasa, 22 Maret 2022 | 00:01 WIB Last Updated 2022-03-21T17:02:50Z
Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari FPDIP (foto:ist)

BANDUNG,  Faktabandunagraya.com,--Program Desa Digital yang luncurkan oleh Pemprov Jabar yang  digagas oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil  mendapat   apreasisi dari DPRD Jabar.


Menurut  anggota Komisi II DPRD Jabar, dukungan dan apresiasi  DPRD Jabar tentunya tidak terlapas untuk memajuan desa-desa di Jabar.  Sehingga diharapkan dapat dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat desa.

 Melalui program Desa Digital  seluruh masyarakat desa dapat melek  teknologi digital . Jadi  penguasaan digital tidak hanya dikuasai oleh orang perkotaan semata.  Tetapi masyarakat desa  juga harus andal dalam menggunakan teknlogi digital.

Anggota  Komisi II DPRD Jabar H.Syamsul Bachri, SH, MBA mengatakan, lewat program Desa Digital  diharapkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa bisa meningkat. Selain itu,  akses informasi dan ekonomi terbuka lebar hingga ke dunia internasional.

Program Desa Digital hadir sebagai upaya mempersempit kesenjangan digital di Jawa Barat. Pengembangan Desa Digital dimulai dengan menghadirkan infrastruktur digital di desa-desa, menjalankan pelatihan literasi digital, membangkitkan daya saing pelaku usaha melalui pelatihan digital marketplace, hingga optimalisasi pemanfaatan internet melalui teknologi Internet of Things (IoT) dan e-commerce untuk tingkatkan produktivitas masyarakat.

Untuk mendukung kesuksesan program desa digital,  hendak dipersiapkan empat pilar  pendukung yaitu. Pertama, menyiapkan SDM andal, membangun infrastruktur digital, pembiayaan teknologi dan komunikasi, serta pertumbuhan keuangan tinggi.

Terkait empat pilar pendukung tersebut, maka pada saat penyusunan anggaran sejak tahun 2019 –hingga 2023 mendatang,  DPRD Jabar telah dan akan menyetujui anggaran  yang diajukan oleh Pemprov Jabar  dalam  penyusunan  APBD  mulai tahun 2019 bahkan di tahun 2022 juga masih kita plot anggaran untuk program Desa Digital.

Dukungan politis anggaran DPRD Jabar untuk program Desa Digital , dengan harapan seluruh desa se-Jabar  dapat mengembangkan potensi desa yang dimiliki agar tercipta inovasi-inovasi untuk kemajuan Jabar dari desa. 

Lewat program Desa Digital telah mengubah kehidupan dan mindset orang desa menjadi lebih akrab dengan teknologi kekinian. Hal ini , diharapkan juga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa bisa meningkat, harap Politisi PDIP Jabar ini. 

Ia menambahkan , akibat  pandemi COVID-19, masyarakat dapat bekerja dari rumah , walaupun rumahnya di desa sekalipun.  Tinggal di desa rezeki kota bisnis mendunia hal karena disokong oleh jaringan internet yang memadai, tandasnya. (Adip/husein).

×
Berita Terbaru Update