Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gerakan Peduli Yatim Dhuafa dan Anak Berkebutuhan Khusus, RPBS Bagikan Santunan Kepada Santri di Madrasah Nurul Iman Pangalengan

Sabtu, 30 April 2022 | 18:33 WIB Last Updated 2022-04-30T11:33:11Z


BANDUNG, faktabandungraya.com
,- Momentum bulan Suci Ramadhan 1443 H, kelompok pemuda yang tegabung dalam Rumah Pemuda Bakti Sosial (RPBS) Pangalengan bagikan bantuan berupa santunan kepada santri di Madrasah Nurul Iman, kampung Babakan Tanara RT 01 RW 04 , Desa Banjarsari, Kec Pangalengan, Jumat (29/4/2022).


RPBS merupakan gerakan pemuda di wilayah Pangalengan-Kabupaten Bandung yang fokus memupuk kepedulian dan kepekaan sosial terhadap anak yatim piatu, dhuafa dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Dijelaskan Ketua RPBS, Samiaji Agung, untuk melaksanakan kegiatan sosial pihaknya beberapa kali mengunjungi ke madrasah-madrasah yan ada di pedesaan. Untuk kali ini, RPBS menyalurkan bantuan atau santunan kepada 80 santri dan santriwati yang ada di Madrasah Nurul Iman.

Selain memberikan perhatian dan kepedulian kepada anak-anak yatim dan ABK, gerakan ini juga bertujuan memberikan semangat dan motivasi kepada anak untuk lebih semangat dan giat belajar.

Dikatakan Samiaji, lahirnya komunitas RPBS ini dilatarbelakangi dengan rasa kepedulian kami sebagai pemuda kepada anak-anak yatim, dhuafa dan berkebutuhan khusus. Karena mereka merupakan bagian dari penerus bangsa ke depan.

"Saya pribadi mengajak teman-teman untuk lebih peka terhadap generasi penerus, terutama bagi anak-anak yang memerlukan perhatian khusus, seperti anak yatim, dhuafa dan ABK," ungkapnya.

Untuk kegiatan pemberian santunan kali ini, merupakan kegiatan baktis sosial RPBS yang ke 6 di wilayah Pangalengan, sejak tahun lalu. Ke depan, RPBS berencana akan membuat program pembinaan khusus terhadap anak-anak yang memerlukan pendampingan.

"Karena mereka juga memiliki hak dalam kesetaraan. Kita tahu, masih banyak anak-anak spesial kurang mendapatkan perhatian dari lingkungan, jadi kita hadir ingin membina dan merangkul mereka," tuturnya.

Sementara, Budi Rahman S.H., M.H., selaku Penasehat RPBS mengatakan, selain bakti sosial, RPBS juga melakukan sosialisasi dan edukasi ke berbagai lembaga pendidikan di pedesaan, seperti madrasah-madrasah yang ada di Kecamatan Pangalengan.

Tujuan dari apa yang dilakukan RPBS, adalah salah satu upaya untuk memperbaiki dan mempersiapkan generasi emas bangsa. Yang di pupuki ilmu yang cukup dan mempunyai jiwa sosial dengan jargon 'pemuda cerdas Berkualitas', ujar Budi Rahman.

Dirinya berharap, ke depan RPBS ini mempunyai wadah lebih khusus lagi seperti sarana lembaga pendidikan modern terkhusus untuk yatim, dhu'afa dan ABK.

"Insya Allah gerakan ini akan tetap komitmen per satu bulan sekali untuk terus mengunjungi madrasah-madrasah atau lembaga pendidikan islam lainnya," pungkas Budi Rahman. (Cuy)
×
Berita Terbaru Update