Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Musim Mudik 1443 H, Polrestabes Bandung Siapkan 33 Pos

Kamis, 14 April 2022 | 22:41 WIB Last Updated 2022-04-14T15:41:03Z
Kabagops Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono : Jelang musim mudik Idulfitri 1443 mendatang, Polrestabes Bandung akan menyiapkan 33 Pos Pam dan Pos Yan (foto:humas). 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Jelang musim mudik Idulfitri 1443 mendatang, Polrestabes Bandung menyiapkan rekayasa lalu lintas dan 33 pos pengamanan (pos pam) serta pos pelayanan (pos yan).


Kepala Bagian Operasi Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono mengatakan, mudik Lebaran tahun ini diprediksi mencapai tiga kali lipat dari tahun 2019.

"Dua tahun masyarakat tidak mudik, dan sekarang diperbolehkan. Pasti banyak yang akan berangkat mendekati H-7. Kami akan menggelar kekuatan baik personil maupun pos-pos yang harus disiapkan," ucap Asep, pada Rabu, 13 April 2022 selepas acara Bandung Menjawab.

Ia menambahkan, para personil Operasi Ketupat nantinya akan diterjunkan ke sejumlah titik ramai, seperti bandara, stasiun, dan terminal untuk menjaga keamanan para pemudik.

Selain itu, Polrestabes Bandung juga akan memasang 33 pos di beberapa ruas jalan dan tol yang masuk dalam cakupan Kota Bandung. Pos-pos ini juga difungsikan untuk menjadi tempat istirahat para pemudik.

Beberapa di antaranya, Pos Pam UPI, Stasiun Bandung bagian utara dan selatan, Jalan Sudirman, Lengkong, Caringin, Citylink, Gedung Merdeka, Pasteur, Dago, dan Gedung Sate.

Kemudian di ruas jalan TSM, Stasiun Kiaracondong, Cicadas, Pusdai, BIP, Yogya Kepatihan, Bundaran Cibiru, Ujung Berung, MIM, Bumi Mas Kencana, Alfamart Cinambo, Sukajadi, Terminal Ledeng, Metro Margahayu, Pacuan Kuda, Simpang Derwati Gedebage, dan Cikapayang.

"Ada juga di rest area KM 147 wilayah arah Cileunyi, Terminal Leuwi Panjang, dan Cicaheum. Sedangkan untuk contraflow juga akan kami rencanakan di arah Lembang. Terkait batas-batasnya, akan kami koordinasikan bersama wilayah terdekat untuk mengetahui titik-titik padat di sana," imbuhnya.

Asep mengimbau, bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua atau empat, harap perhatikan batas kapasitas.

"Jangan sampai melebihi kapasitas. Apalagi bawa barang-barang dalam jumlah besar dan banyak sampai meluap, itu dilarang. Kita akan melakukan imbauan-imbauan ini kepada masyarakat," ujarnya.

Selain keamanan dalam berkendara, Asep mengingatkan, untuk perlu juga memperhatikan kondisi rumah sebelum ditinggal mudik.

"Sebelum berangkat juga harus diperhatikan. Kunci rumah, cek gas kompor, matikan listrik," imbaunya.

Ia mengatakan, saat masa Lebaran nanti, tim kepolisian akan berpatroli secara rutin guna menjaga keamanan rumah-rumah yang ditinggal mudik. (din/red).

 

×
Berita Terbaru Update