Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Syamsul : Penting Bagi Generasi Muda Dalam Menangkal Arus Modernisasi

Jumat, 01 April 2022 | 23:36 WIB Last Updated 2022-04-04T16:44:10Z
Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan  sosialisasi 4 pilar kebangsaan di desa Palimanan Barat  Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. (foto:ist)

CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan bertema Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Palimanan Barat  Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. 


Kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan tersebut  dihadiri oleh Karang Taruna Desa Palimanan Barat dan Generasi muda Kec. Gempol.  


Syamsul Bachri menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan yaitu untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kecamatan Gempol Kabuapten Cirebon, khususnya kalangan Pemuda  atau kaum milenial terutama yang tergabung dalam Karang Taruna Desa  Palimanan Barat dan Warga Gempol.


Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika), kata Syamsul dihadapan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan.


Wakil rakyat dari daerah pemilihan Jabar XII (kab/kota Cirebon –Kab Indramayu) mengatakan, beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang . 


Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat terutama cukup kuatnya arus modernisasi .  Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.


Untuk itu,  kita dari DPRD Jabar setiap bulan  melakukan kegiatan sosialisasi  4 pilar kebangsaan kepada kalangan pelajar, generasi muda atau kaum milenial.  Hal ini karena kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif, ujar Syamsul Bachri yang duduk di Komisi II DPRD Jabar ini.


Lebih lanjut politisi PDIP Jabar ini mengatakan,  Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang besar, multi etnis maupun suku serta berbagai macam profesi ada di sini. Tentunya dengan kondisi yang sangat beragam inilah yang akan rawan menimbulkan perpecahan dan perselisihan," ucapnya.

Peserta sosialisasi 4 pilar kabangsaan yang disampaikan oleh anggota
 DPRD Jabar H Syamsul Bachri SH, MBA di desa Palimanan Barat
Kec. Gempol Kab Cirebon (foto:ist)


"Maka nilai-nilai toleransi dan pengetahuan tentang keagamaan adalah penguatan terhadap kebhinekaan dalam menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu,  kegiatan sosialisasi pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan perlu untuk digalakan,” ujarnya. 


Syamsul juga menambahkan, penerapan empat pilar kebangsaan merupakan hal yang paling penting dalam membentuk karakter bangsa sebagai modal dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.


“Pemahaman empat pilar kebangsaan kepada kalangan milenial atau pemuda sangat penting. Karena generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan,” tandasnya. (Adip/husein). 


×
Berita Terbaru Update