Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mau Ikut Maybank Marathon 2022 di Bali, Persiapkan Diri dengan Latihan Fisik Juga Perhatikan Asupan Gizi dan Nutrisi

Senin, 11 Juli 2022 | 20:57 WIB Last Updated 2022-07-11T13:57:26Z
Rangkaian pelatihan fisik dan sesi edukasi bagi para peserta Maybank Marathon,


JAKARTA, -- Menjelang perhelatan ajang ‘Elite’ Label Road Race pertama dan satu-satunya di Indonesia, Maybank Marathon 2022, akan digelar  pada 28 Agustus 2022 mendatang. Sebelumnya, pada 22 Mei 2022 lalu, telah digelar kegiatan pelatihan Road to Maybank Marathon 2022. 


Kegiatan Road to Maybank Marathon 2022 ini menyuguhkan serangkaian pelatihan fisik dan sesi edukasi bagi para peserta Maybank Marathon, seperti, kegiatan berlari bersama, mulai dari warming up hingga long run dengan jarak lari sesuai kategori pada Maybank Marathon 2022 kelak.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan edukasi mengenai pola persiapan fisik yang tepat seperti, fleksibilitas & mobilitas, recovery, hingga ke pola tidur. Rangkaian edukasi tersebut akan dilanjutkan dengan pengenalan asupan gizi serta nutrisi yang bermanfaat bagi peserta dalam mengikuti lomba marathon.

Selain persiapan fisik, para peserta juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelari. Kebutuhan dan ukuran asupan gizi atlet lari jarak jauh, seperti karbohidrat, air, protein, dan lemak, berbeda dari orang kebanyakan. Hal ini penting saat berlatih maupun  berlaga di ajang lomba.

Berdasarkan penelitian Hawley et al (1995), rata-rata asupan gizi dan nutrisi, untuk Pria sebesar antara 3300-3500 kkal. Sedangkan kebutuhan asupan Wanita sebesar antara 2100-2300 kkal.

Kebutuhan energi (kalori) dan makro nutrisi (macro-nutrient) pada atlet lari marathon dapat dipenuhi dengan pola makan sebagai berikut:

·       65-70 % kebutuhan energi dipenuhi melalui konsumsi karbohidrat.

·       10-15% kebutuhan energi dipenuhi melalui konsumsi protein.

·       15-20% kebutuhan energi melalui konsumsi lemak.

Menurut Ni Komang Ayu Tria Utami A.Md.Gz, Ahli Gizi, Rumah Sakit Kasih Ibu, “Porsi ideal asupan nutrisi setiap orang berbeda tergantung dari jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan kondisi kesehatan fisik.

Ingat! Pola makan yang kaya nutrisi dan jadwal makan teratur sangat penting dalam persiapan menuju lari marathon, ujar Ni Komang Ayu Tria Utama.

Berikut ini adalah 5 (lima) hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi kebutuhan gizi sebelum marathon:

·       Kandungan protein cukup 10-12%, lemak 1-20%, hidrat arang 60-70%, dari total kalori. Serta cairan gula dikonsumsi dalam konsentrasi rendah.

·       Pilih makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, terutama karbohidrat kompleks (nasi, mie, atau bihun). Hindari karbohidrat sederhana (coklat, minuman manis atau gula, sirup, hingga air soda) baik di masa latihan menuju marathon hingga menit-menit menjelang marathon.

·       Hindari makanan berat berserat tinggi, makanan yang mengandung gas, makanan atau minuman yang mengandung alkohol, atau makanan dengan citarasa tegas, seperti pedas dan asam.

·       Jika peserta lari tidak terbiasa makan sebelum pertandingan, maka pelari perlu asupan pada malam sebelum berlari. Jenis makanan berkarbohidrat dan rendah lemak adalah krakers, biskuit, dan/atau roti panggang (toast).

Yuk lari bareng persiapanikutan ajang Maybank Marathon 2022 di Bali 


Ajang lari marathon bukanlah acara lari santai. Diperlukan kerjasama antara tubuh prima, fisik mantap, dan mental kuat. Itulah sebabnya latihan fisik, stretching session, dan ketenangan pikiran tidak cukup. Harus juga dibantu dengan fuel yang ideal sesuai dengan kebutuhan fisik dari masing-masing peserta”, jelas Ni Komang Ayu Tria Utami.

Banyak peserta lari dari seluruh dunia bersemangat dalam mengikuti ajang Maybank Marathon 2022 ini yang masih dalam semangat memperingati satu dekade marathoon sejak diperkenalkan pada tahun 2012 silam.

Selain menjadi satu-satunya event marathon di Indonesia yang telah memperoleh sertifikasi dari Badan Atletik Dunia, World Athletics, atau sebelumnya dikenal dengan sebutan International Association of Athletics Federations (“IAAF”), Maybank Marathon juga telah resmi menjadi ajang qualifying race Boston Marathon perdana di Indonesia.

Bahkan tidak hanya itu saja, Maybank Marathon juga merupakan satu-satunya event marathon di tanah air yang masuk dalam kalender World Athletics[1] dan Association of International Marathons and Distance Races (“AIMS”) dalam kategori major ‘road running’ event. (*/red).

Untuk informasi terkait penyelenggaraan Maybank Marathon 2022 di Bali dapat diakses melalui:

·       Situs             : www.maybank.co.id/maybankmarathon

·       Instagram   : @maybankmarathon

·       Facebook   : Maybank Marathon

·       Twitter        : @maybankmarathon   

 

×
Berita Terbaru Update