Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut Hari Sungai Nasional, Warga Bandung dan Satgas Citarum Gelar Bersih-bersih Sungai

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:03 WIB Last Updated 2022-07-28T10:03:20Z
Aliran Sungai Cikapundung


 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Setiap tanggal 27 Juli diperingati sebagai Hari Air Nasional. Sejumlah elemen masyarakat Kota Bandung beserta Satgas Citarum menggelar acara bersih-bersih sungai.


Kepada Humas Kota Bandung, Ketua Harian Satgas Citarum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim menyebut, acara bersih-bersih sungai melibatkan elemen masyarakat. Selain itu, akan ada juga penanaman pohon di bantaran sungai.

“Karena tugas menjaga sungai adalah tugas semua pihak, oleh karenanya kami melibatkan masyarakat,” ucap Dedi dalam simiar Ngariung, Selasa, 26 Juli 2022.

Ia menjelaskan, di Kota Bandung ada 10 sungai yang merupakan anak Sungai Citarum. Selain itu, anak-anak sungai Citarum ini punya anak sungai yang jumlahnya 47.

Menurut, Dedi, anak-anak sungai ini perlu diperhatikan. Khususnya oleh masyarakat yang beraktivitas di sekitar anak sungai tersebut.

“Di setiap sektor, ada unsur kewilayahan yang kita gandeng. Jadi, silakan bergabung dengan unsur kewilayahan di sekitar tempat tinggal anda,” ujar Dedi.

Tim Satgas Citarum sedang menyelusuri sungai Cikapundung

 
Hal itu juga berlaku dalam acara bersih-bersih sungai di Hari Sungai Nasional. Dedi menyebut masyarakat yang ingin bergabung bisa langsung menghubungi pihak kewilayahan. 


Ia juga berharap acara bersih-bersih sungai di Hari Sungai Nasional tidak sekadar jadi selebrasi semata.

“Harus berkelanjutan. Semua pihak harus menjaga sungai. Karena kaitannya dengan air dan kesehatan pula,” terangnya.

Sebagai penutup, memperingati Hari Sungai Nasional, Dedi berharap, semua pihak sama-sama menjaga sungai. Juga mengajak semua untuk sama-sama menghemat air.

“Perlu dilakukan penghematan. Jangan merasa air banyak, lalu dihambur-hamburkan,” kata Dedi. (ray/sein).

×
Berita Terbaru Update