Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Weni Berharap Calon Jamaah Haji Jabar tahun 2023 Berangkat dan Pulang dari BIJB Kertajati

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:25 WIB Last Updated 2022-08-24T13:33:23Z
Anggota Komisi V DPRD JAbar Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDIP (Foto:ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Weni Dwi Aprianti, S.AB berharap musimhaj tahun 2023 dan kedepannya  jamaah haji asal provinsi Jawa Barat dapat diberangkatkan dan dipulangkan melalui  Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka.

BIJB Kertajati sebenar sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI  pada tahun 2020 lalu, sebagai salah satu Bandara embarkasi  untuk pemberangkatan dan kepulangan jamaah Haji asal Jabar. Namun, hingga musim haji 2022 lalu belum terealisasi juga.

Hal ini dikatakan Weni Dwi Aprianti dari Fraksi PDI Perjuangan saat dimintai tanggapan dan harapannya terkait BIJB Kertajati sebagai emmbarkasi haji bagi jamaah Haji asal Jabar, (23/8/2022).  

Pada saat musim Haji 2020 dan 2021, Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji karena kasus pandemic covid-19 lagi tinggi dan juga Negara Arab memang tidak membuka kouta haji dari Negara manapun, termasuk dari Indonesia. 

Namun, pada musim haji  tahun 2022,  BIJB Kertajati batal sebagai salah satu embarkasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji,  karena sarana-prasarana pendukung masih kurang atau fasilitas penunjang Bandara belum memadai.

“Sebuah bandara Internasional yang bisa digunakan untuk embarkasi haji itu tak cukup hanya punya hangar, landasan dan pemandu lalu lintas udara. Butuh ruang transit, asrama haji, hotel, failitas kesehatan dan  dan lain-lain”, ujar Politisi muda PDIP Jabar ini.

Dikatakan beberapa waktu  lalu,  Pimpinan dan anggota Komisi V  DPRD Jabar mengunjungi BIJB Kertajati,  untuk mengetahui sejauh mana pihak Pemprov Jabar  melalui  otoritas pengelolaan BIJB Kertajati  yang akan dipersiapkan menjadi embarkasi Haji dan Umrah kedepannya.

Adapun terkait,  Asrama Haji,  DPRD Jabar telah menyetujui anggaran pembangunannya, dan saat ini tengah dikerjakan.  Sedangkan fasilitas ruang transit dan ruang kesehatan juga tengah dipersiapkan. 

DPRD Jabar juga telah berkoordinasi dengan DPR RI untuk meloby Pemerintah Pusat   agar fasilitas BIJB Kertajati dapat ditambah sesuai dengan persyaratan bandara international. Sehingga harapan kita menjadikan BIJB sebagai emabarkasi Haji dan Umrah segera terwujud, tandasnya. (Adip/husein)

×
Berita Terbaru Update