Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anleg Jabar H.Syamsul : Melalui Lomba Masak Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal Meningkatkan Kreativitas Kuliner Nusantara

Minggu, 18 September 2022 | 23:31 WIB Last Updated 2022-09-18T16:31:49Z
Anggota DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dalam acara Lomba Masak Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal yang digelar oleh DPC PDIP Kab Indramayu



INDRAMAYU, Realitapublik.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H.Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan  bersama Bupati Indramayu  Hj.Nina Agustina, SH, MH,CRA menghadiri kegiatan Lomba Masak Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal, yang digelar oleh DPC PDIP Kabupaten Indramayu.

Lomba Masak Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal tersebut dilaksanakan  di Situ Bolang  Desa Jatisura Kecamatan Cukedung  Kabupaten Indramayu, Minggu 18 September 2022.

Kegiatan lomba masak tersebut, dibuka oleh Ketua DPC PDIP Kab Indramyu H. Sirojudin, turut hadir juga Sekterais Sahali dan Bendahara Edi Fausi serta para pengurus DPC PDIP Kab Indramayu. Selain itu juga hadir para Ketua dan Pengurus PAC se Kab.Indramayu.

Pendaftaran kegiatan lomba masak ini GRATIS, dan boleh diikuti oleh masyarakat umum, kader dan simpatisan PDI Perjuangan.   yang terbagi dalam dua kategori yaitu  Makanan Non Beras sebagai sumber Karbonhidrat dan Protein/laukpauk dan Makanan Bayi untuk anak dibawah  umur 2 tahun (Baduta)  berbahan lokal.

Menurut H.Syamsul Bachri yang juga anggota Komisi II DPRD Jabar, bahwa kegiatan Lomba Masak  Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal ini, serentak dilaksanakan di 27 Kabupaten/ kota se Jabar.

Syamsul Bachri bersama Bupati Indramayu Nina Agustina dan para
 pengurus DPC PDIP Kab Indramayu menikmati hasil makanan dari
 peserta  Lomba Masak Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal



Melalui kegiatan Lomba Masak ini diharapkan  masyarakat bisa menciptakan kreativitas dalam mengelola kuliner nusantara berbasis kearifan lokaluntuk ketahan pangan keluarga  dengan sajian sehat, bergizi dan murah, ujar politisi senior PDIP dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon- Kab Indramayu) ini.


Syamsul juga mengatakan,  bahwa kegiatan Lomba Masak ini terinspirasidari adanya warisan kuliner nusantara yang  dituangkan oleh Bung Karno dalam buku resep Mustika Rasa. Selain itu, lomba masakini juga digagas oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, bahwa politik berkaitan dengan uurusan rakyat sehari-hari, termasuk urusan pangan yang dituangkan  dalam buku Resep Makanan Baduta dan ibu Hamil untuk Generasi Emas.  

Lebih lanjut  Syamsul mengatakan, tujuan besar lomba ini adalah untuk membangun kedaulatan pangan melalui keluaraga khususnya ibu-ibu. Saat in angka stunting di Jabar masih cukup tinggi termasuk juga di Kabupaten Indramayu ini.

Untuk itu, hasil dari lomba ini  para ibu-ibu dapat menciptakan berbagai varian menu dapat diciptakan untuk memenuhi makanan Baduta alternative  yang murah, sehat dan bergizi tinggi, sehingga dapat membantu penanggulangan stunting dan anak tumbuh- berkembang dengan normal. Tandasnya. (Adip/husein).  



×
Berita Terbaru Update