Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Raden Minda Kusumah (RMK) : DPW PDPI Jabar Berhasil Membentuk PDPI di 27 Kab/kota se-Jabar

Selasa, 13 September 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-09-13T17:56:50Z

Ketua DPW PDPI Jabar Radan Minda kusumah (RMK) Bersama Kabankesbangpol Jabar Dr.R.Iip Hidayat



BANDUNG,  Faktabandungraya.com,-- Perkumpulan Dosen Peneliti Indonsia (PDPI) yang didirikan melalui Akta Pendirian No.01 Tanggal 8 September 2021 oleh Notaris Raendhi Rahmadi, S.H., S.Kom., M.Kn., dan dengan pengesahan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0012181.AH.01.07. TAHUN 2021Tanggal 18 Oktober 2021, secara resmi dideklarasikan di Bandung Tanggal 19 Desember 2021 secara Hybrid diikuti oleh seluruh Dosen yang tergabung dalam PDPI se-Indonesia.

 Sebagai wadah Perkumpulan Dosen Peneliti Indonsia (PDPI), maka pada tanggal 5 Februari 2022 lalu telah dilaksanakan Mukernas ke-1 di Bandung.

 Ada beberapa keputusan hasil Mukernas I PDPI yang diamanatkan kepada Pengurus  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PDPI di seluruh Indonesia, yaitu  diharuskan membentuk  kepengurusan PDPI disetiap tingkat Kabupaten/ kota,  dan melaporkan dan sekalius mendaftarkan keberadaan Pengurus PDPI kepada Pemerintah daerah melalui Kesbangpol.

 Ketua DPW Provinsi Jawa Barat,  Raden Minda Kusumah (RMK), S.E, MM  mengatakan, sejak DPW PDPI Jabar terbentuk  berdasarkan Surat Keputusan DPP PDPI Nomor 002/SK.DPP/PDPI/I/2022 tanggal 17 Januari 2022 yang ditandatangani oleh Ketua Umum Dr. Sutarman, S.T., S.Kom., M.M., M.Kom.  Dan menjalankan amanah Mukernas I, maka pengurus DPW PDPI Jabar telah melapor dan mendaftarkan diri  ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat, dengan dikelurkannya Surat  Nomor 425/KB.03.04.01/Kesbak tanggal 18 Maret 2022.

RMK juga  mengatakan, sesuai dengan arahan dari Ketum PDPI  Dr. Sutarman bahwa Dosen Peneliti harus sumbangkan pemikiran riset dan mengembangkan karir dosen melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk didalamnya Penelitian.

Bahkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PDPI disebutkan bahwa PDPI mempunyai Visi  menjadi organisasi Dosen yang profesional, konsisten, dan berintegritas dalam bidang riset dan inovasi IPTEK untuk membentuk mutu Dosen yang unggul dan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

Adapun misi PDPI yaitu untuk peningkatan kualitas Dosen di Indonesia dalam bidang penelitian dan inovasi IPTEK dalam meningkatkan daya saing bangsa, peningkatan produktivitas Dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah bereputasi secara nasional dan Internasional.

 Ketua PDPI Jabar Raden Minda Kusumah (RMK) menyerahkan plakat PDPI
  kepada Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar & Banten Dr. M. Samsuri



Peningkatan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian melalui kegiatan kewirausahaan yang tertuang dalam kampus merdeka belajar dan kurikulum MKBM, dan peningkatan kapasitas IPTEK, budaya riset, literasi, dan inovasi melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan transformasi ekonomi dan pembangunan berkelanjutan berbasis budaya IPTEK serta peningkatan daya saing.


Lanjut RMK bahwa PDPI mempunyai tujuan untuk peningkatan kualitas Dosen dalam bidang penelitian melalui inovasi dan IPTEK dalam meningkatkan daya saing bangsa, peningkatan produktivitas Dosen dengan nilai aplikatif, hasil penelitian untuk masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat, peningkatan budaya ilmiah masyarakat melalui aktivitas penelitian berupa pendampingan dan kegiatan UMKM, dan meningkatkan kompetensi dan inovasi IPTEK dengan meningkatkan daya saing bangsa.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa strategi yang dilakukan, diantaranya  dengan melakukan kerjasama dengan lembaga riset pemerintah dan swasta baik di dalam negeri maupun luar negeri, melakukan kerjasama dan pendampingan dalam bidang penelitian kepada Perguruan Tinggi dan Dosen Peneliti.


Melakukan pendidikan dan pelatihan kepada insan peneliti dalam menciptakan budaya riset dan budaya literasi, dan melakukan publikasi ilmiah bereputasi dengan kegiatan proseding seminar nasional dan internasional dalam rangka menyebarluaskan hasil riset dan inovasi IPTEK.

 

 Penyerahan SK Kepengurusan PDPI Kota Tasikmalaya oleh Ketua PDPI Jabar RMK
 kepada Ketua PDPI Kota Tasik Dr. Hj. Wiwin Herwina



Adapun terkit program kerja DPW PDPI Jawa Barat, diantaranya membentuk kepengurusan PDPI di tingkat daerah Kota/Kabupaten dan tingkat cabang Perguruan Tinggi di lingkup wilayah Jawa Barat, melakukan audiensi dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi, pemerintah dan instansi lainnya di lingkup wilayah Jawa Barat.

 

‘Alhmadulillah, kita selaku pengurus DPW PDPI Jabar  dalam kurun waktu 8 bulan sudah berhasil membentuk PDPI di seluruh Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat”, ujar RMK.


Adapun Nama Ketua PDPI 27 Kota/Kabupaten Se-Jawa Barat sebagai berikut :

1.       Marwondo, S.T., M.T., Sebagai Ketua PDPI Kota Bandung

2.       Dr. Hj. Wiwin Herwina, M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kota Tasikmalaya

3.       Dr. Nanu Hasanuh, S.E., M.M., M.Ak., C.T., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Karawang

4.       Dr. Melah Rusdiana, S.Pd.I., M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Bekasi

5.       Dr. Nandang Rukanda, M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kota Cimahi

6.       Prof. Dr. Hj. Nia Rohayati, Dra., M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Ciamis

7.       Dr. H. Ronny Mugara, M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Bandung Barat

8.       Irfan Sophan Himawan, S.E., Ak., M.M., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Cianjur

9.       Dr. Euis Anih, M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Subang

10.   Dr. Mumuh Mulyana, S.E., M.M., M.Si., CSM., CBO., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Bogor

11.   Dr. Surya Hadi Darma, M.Ud., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Purwakarta

12.   Soviyan Munawar, S.T., M.T., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Garut

13.   Dr. Didik Subhakti Prawira Raharja, M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Majalengka

14.   H. Bambang Hengky Rainanto, S.Pi., M.M., Ph.D., CHRP., CIIQA., Sebagai Ketua PDPI Kota Bogor

15.   Prof. Dr. Ir. Hj. Dedeh Maryani, M.M., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Sumedang.

16.   Dr. Yani Kamasturyani, S.KM., M.HKes., Sebagai Ketua PDPI Kota Cirebon

17.   Endry Hendrayana, S.E., M.M., CHRMP., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Bandung

18.   Galih Purnama Siddik, S.E., M.M., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Indramayu

19.   Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Pangandaran

20.   Asep Muhamad Ramdan, S.E., M.M., Sebagai Ketua PDPI Kota Sukabumi

21.   Dhery Febiyani Lestari, S.Pd., M.M., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Tasikmalaya

22.   Dr. Nining Latianingsih, S.H., M.H., Sebagai Ketua PDPI Kota Depok

23.   Ir. Paikun, S.T., M.T., IPM., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Sukabumi

24.   Dr. Iman Subasman, M.Si., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Kuningan

25.   Yeni Wijayanti, M.Hum., M.Pd., Sebagai Ketua PDPI Kota Banjar

26.   Adiman, S.T., M.T., Sebagai Ketua PDPI Kota Bekasi

27.   Dr. Nursahidin, S.Sos., M.Si., Sebagai Ketua PDPI Kabupaten Cirebon

 

 

Semoga Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Jawa Barat dibawah kepemimpinan Raden Minda Kusumah (RMK) bisa mewujudkan apa yang menjadi visi, misi, tujuan, strategi dan program kerja yang sudah dibuat.  (*/red).

×
Berita Terbaru Update