Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dongkrak Perekonomian Masyarakat, Komisi II Mendorong Peningkatan Budidaya Ikan Air Payau dan Udang

Sabtu, 25 Maret 2023 | 23:26 WIB Last Updated 2023-03-25T17:52:01Z
Anggota Komisi II DPRD JAbar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIP (foto:ahw)



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA mengatakan,  Komisi II senantiasa mendorong program-program pemerintah provinsi Jabar melalui Dinas terkait  guna mendongkrat perekonomian masyarakat, yang terpuruk selama pandemi covid-19.

 Salah satu mitra kerja Komisi II yang  didorong, yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar.  Di bawah DKP ada UPTD Perikanan Air Payau dan Laut untuk terus dapat meningkatkan pembudidayaan ikan air payau, dan Udang. UPTD Perikanan air payau dan laut terdapat di wilayah Selatan dan Utara Jabar.  

UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Selatan (PAPWLS) dan Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Utara (PAPWLU) Jabar akan terus kita dorong menjadi pusat budidaya ikan air payau. Karena keberadaan PAPWLS dan PAPWLU  dalam pengelolaan dan membudidayakan ikan air payau melibatkan masyarakat  sekitar , sehingga sangat  berdampak positif  dalam mendongkrak perekonomian masyarakat.

Hal ini dikatakan H.Syamsul Bachri dari Fraksi PDI Perjuangan saat diminta tanggapannya terkait dorongan Komisi II dalam mendongkrat perekonomian masyarakat dari sector kelautan dan perikanan, Sabtu (25/03/2023).   

Dikatakan, keberadaan PAPWLS dan PAPWLU tersebut menjadi lokasi pembibitan dan pembudidayaan  ikan air payau maupun udang serta biota laut yang berkualitas prima, sehingga bila dijual memiliki nilai jual yang tinggi.

“ Jadi kita dari Komisi II tentunya sangat mendorong pihak DKP melalui UPYD nya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pihak manapun dalam  meningkatkan produksi ikan dan udang  berkualitas prima”,  ujar Legislator Jabar dari Dail Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini.

Ia menambahkan, keberhasilan UPTD dalam membudidayakan ikan air payau dan Udang,  tentunya menjadi peluang ekonomi di masyarakat.  Untuk itu, kita minta juga agar pihak UPTD  untuk tidak segan-segan memberikan pelatihan dan pedidikan kepada masyarakat yang ingin belajar dan  mengembangkan bisnis ternak ikan air payau atau udang.

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan, beberapa waktu lalu Komisi II DPRD Jabar melakukan kunker ke UPTD PAPLWS di Pandangandaran.   Disana, saat ini sedang dilatih beberpa orang yang ingin belajar beternak ikan air payau dan udang.

Nanti, setelah selesai pelatihan, mereka akan dibekali diberikan modal,  untuk membeli peralatan seperti Terpal untuk kolam,  Bibit ikan dan udang termasuk juga pakannya.  

Dalam mengembangkan usahanya, mantan peserta pelatihan ini akan tetap di bombing dan dipantau, sampai mereka benar-benar mampu mandiri dan memproduksi ikan air payau dan Udang yang berkualitas.   Kan tujuan diadakan pelatihan bagi masyarakat untuk mendorong meningkatkan perekonomian masyarakat, tandasnya. (Adip/sein).

×
Berita Terbaru Update