Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Manfaat Karbol Sereh Anti Bakteri Untuk Kebersihan Lantai dan Kamar Mandi

Minggu, 02 April 2023 | 19:47 WIB Last Updated 2023-04-03T13:00:24Z

 

Karbol Sereh anti bakteri (foto:ist).


Sereh, atau serai, adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini dikenal karena daunnya yang aromatik dan biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Selain sebagai bahan masakan, saat ini Anda bisa menemukan banyak produk karbol sereh anti bakteri.


Produk ini yang digunakan sebagai pembersih lantai juga kamar mandi. Lantas apa sebenarnya manfaat sereh untuk kebersihan lantai dan kamar mandi? Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Keunggulan Karbol Sereh Anti Bakteri Pembersih Lantai Kamar Mandi

Karbol sereh dikenal sebagai pembersih alami yang efektif dalam membunuh bakteri dan kuman. Hal ini karena sereh mengandung senyawa kimia bernama citral, yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat.

Citral dapat membunuh bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi, seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli (E. coli).

Oleh karena itu, penggunaan karbol sereh sebagai pembersih untuk lantai dan kamar mandi merupakan langkah tepat. Terutama untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kini, telah banyak orang yang menggunakan karbol sereh untuk membersihkan lantai dan kamar mandi. Sebab produk ini memiliki beberapa manfaat yang berguna bagi kebersihan dan kesehatan rumah, antara lain:

1.    Membunuh kuman dan bakteri

Karbol sereh memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang berarti ia dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di lantai dan kamar mandi. Penggunaan karbol sereh secara teratur dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dan infeksi.

2.    Menghilangkan bau tak sedap

Karbol sereh juga dikenal memiliki sifat antijamur dan antimikroba, yang membantu menghilangkan bau tak sedap di lantai dan kamar mandi. Bau tidak sedap seringkali disebabkan oleh bakteri dan jamur yang tumbuh di lingkungan yang lembap, seperti kamar mandi.

Penggunaan karbol sereh secara teratur dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Sekaligus akan menghadirkan aroma yang segar dan wangi.

3.    Menghilangkan noda membandel

Lantai dan kamar mandi sering terkena noda dan kotoran yang sulit untuk dihilangkan. Namun, karbol sereh dapat membantu menghilangkan noda membandel tersebut. Anda hanya perlu menggosokkan karbol sereh pada noda dan biarkan dan diamkan selama beberapa menit.

Saat proses mendiamkan tersebut, karbol sereh akan membantu melunakkan noda sehingga lebih mudah untuk dihilangkan. Selanjutnya Anda bisa membersihkannya dengan air bersih.

4.    Membantu mencegah serangan serangga

Karbol sereh juga dikenal memiliki sifat repelan serangga. Penggunaan karbol sereh secara teratur di lantai dan kamar mandi dapat membantu mencegah serangan serangga seperti nyamuk dan lalat. Selain itu, karbol sereh juga dapat digunakan sebagai pengusir serangga, cukup dengan meletakkannya di beberapa tempat di sekitar rumah Anda.

5.    Menghilangkan jamur

Karbol sereh memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga dapat membantu menghilangkan jamur yang tumbuh di lantai dan kamar mandi. Jamur seringkali tumbuh di lingkungan yang lembap dan gelap, seperti di kamar mandi, dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti alergi dan infeksi.

Dengan menggunakan karbol sereh anti bakteri secara teratur dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan menjaga lingkungan Anda tetap sehat.

6.    Membersihkan grout

Grout merupakan celah antara ubin atau keramik pada lantai dan dinding kamar mandi. Di sini seringkali menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan bakteri. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan karbol sereh. Cairan pembersih ini dapat membantu menghilangkan grout yang kotor dan membunuh bakteri yang berkumpul di sana.

Caranya adalah dengan menggosokkan karbol sereh pada grout dan biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan air bersih.

7.    Membuat lantai dan kamar mandi tampak bersih dan wangi

Karbol sereh memiliki aroma segar dan wangi, sehingga dapat membantu membuat lantai dan kamar mandi Anda tampak bersih dan wangi. Jadi menggunakan karbol sereh secara teratur tentunya akan membantu meningkatkan tampilan ruangan Anda dan memberikan aroma khas yang menyegarkan.

8.    Mudah digunakan

Karbol sereh mudah digunakan dan tidak memerlukan banyak usaha untuk menggunakannya. Cukup campurkan karbol sereh dengan air dan oleskan pada permukaan yang ingin dibersihkan. 

Kemudian, biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan air bersih. Karbol sereh dapat digunakan pada berbagai jenis permukaan, termasuk lantai keramik, ubin, dan marmer.

9.    Ramah lingkungan

Karbol sereh dibuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, penggunaan karbol sereh lebih ramah lingkungan daripada produk pembersih lain yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, karbol sereh juga lebih aman bagi kesehatan manusia dan hewan peliharaan.

Menjaga kebersihan rumah merupakan hal yang penting sebab ini merupakan tindakan pencegahan agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan cara membersihkan lantai, kamar mandi dan area lain di rumah dengan teratur.

Jangan lupa untuk menggunakan karbol sereh yang bisa Anda dapatkan melalui marketplace, yakni di Blibli. Di marketplace tersebut Anda bisa memilih berbagai jenis karbol sereh anti bakteri dengan harga terjangkau alias ramah di kantong. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja! (*).

×
Berita Terbaru Update