Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menggali Potensi Daerah, Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Kamis, 25 Mei 2023 | 00:02 WIB Last Updated 2023-05-25T01:50:58Z

Anggota DPRD Jabar Ir.H.Herry Dermawan dari Fraksi PAN (foto:ist)

 
CIAMIS, Faktabadungraya.com,-- Setiap daerah memiliki berbagai potensi tersendiri untuk dapat digali dan dikembangkan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

 

Peluang untuk menggali dan mengembangkan potensi daerah peluangnya masih sangat terbuka untuk dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat, baik di bidang pertania, perdagangan, peternakan, pariwisata maupun sector lainnya. Yang berujung dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.


Demikian dikatakan anggota Komisi II DPRD Jabar, Ir.H. Herry Dermawan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (24/5/2023). 


Di bidang perdagangan misalnya, kata Herry, di era yang serba digital ini masyarakat bisa memanfaatkan peluang untuk memasarkan produk-produk hasil buatannya melalui internet, baik menggunakan media sosial, marketplace, maupun secara langsung.


“Sebenarnya saat ini sudah sangat mudah dan enak sekali untuk mengembangkan dunia usaha. Informasi sudah sangat terbuka, akses bisa lebih mudah, jangkauan penjualan tentu sudah bisa ke mana saja. Nah sekarang kita tinggal keseriusannya yang belum maksimal,” kata Herry.


Keseriusan itu, lanjut Herry Dermawan, bisa datang dari diri sendiri yang memiliki keinginan kuat untuk maju maupun dorongan dari luar, misalnya dari pemerintah.


Berkaitan dengan pemerintah, pihaknya sebagai Komisi II DPRD Provinsi Jabar yang membidangi masalah ini sangat mendukung apapun yang diinginkan masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian secara umum.


“Tentu saja kami akan memfasilitasi dan memperjuangkan apa yang memang menjadi keinginan masyarakat, apalagi yang berkaitan dengan bidang kami,” kata pria yang juga sukses di bidang ternak unggas ini.


Herry menambahkan, tantangan saat ini adalah bagaimana masyarakat memiliki kemampuan untuk bersaing dengan kompetitornya, baik di tingkat daerah, regional, nasional hingga internasional.


Lebih lanjut, Anggota Legislatif Jabar Dapil XIII (Kuningan, Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran)mengatakan, untuk mengembangkan potensi daerah tentunya harus didorong dengan sumber daya manusia (SDM) yang mempuni.  Maka, harus dilakukan pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat agar memiliki ilmu pengetahui. Sehingga, produksi yang dihasilkan memiliki nilai jual dan ekonomi masyarakat menjadi meningkat. 


Berkaitan berbagai potensi yang ada di daerah, ia juga menginginkan agar pemerintah daerah dan masyarakat bisa bersinergi untuk menggali segala potensi yang ada, seperti di sektor pariwisata, pertanian, perdagangan, maupun UMKM.


“Di Desa misalnya bisa lebih memaksimalkan lagi BUMDes-nya, destinasi wisata baru juga bisa diciptakan agar dampaknya juga bisa ke masyarakat. Pada prinsipnya, kami sangat terbuka dan siap mendukung apa yang menjadi harapan masyarakat,” pungkasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update