Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dampak Positif Beroperasinya Tol Cisumdawu Bagi Sektor Pariwisata Ciayumakuning

Selasa, 11 Juli 2023 | 22:02 WIB Last Updated 2023-07-11T15:02:14Z

Presiden Jokowi memberikan sambutan saat meresmikan Tol Cisumdawu (foto:hms).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota DPRD Jawa Barat Ir.H.Herry Dermawan mengatakan, dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh akan berdampak positif terhadap perkembangan kepariwisataan  di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu- Majelengka dan Kuningan).


Sektor kepariwisataan Ciayumajakuning  dalam beberapa tahun belakangan terus berkembang, namun, tentunya kita berharap dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh tentunya diharapkan akan jauh lebih berkembang lagi.

“ Kehadiran Tol Cisumdawu memperlancar arus transportasi orang dan barang dan menghemat waktu tempuh perjalanan”, kata Herry Dermawan saat dimintai tanggapannya terkait, diresmikannya Tol Cisumdawu oleh Presiden Jokowi, Selasa (11/7/2023).

Dikatakannya, Kelancaran  arus transportasi tentu secara tidak langsung akan berdampak positif bagi sector periwisata. Sehingga, para pelaku kepariwisataan akan semakin bergairah terutama di wilayah Ciayumajakuning. 

Maju dan berkembangnya sector pariwisata tentu akan membawa peningkatan perekonomian masyarakat, terutama disekitar kawasan destinasi wisata.

Lebih lanjut Politisi PAN Jabar yang kini duduk di Komisi II DPRD Jabar ini mengatakan, wilayah Ciayumajakuning memiliki berbagai potensi pariwisata yang cukup besar dan banyak, baik berupa Wisata Sejarah, Religius, Alam, Pantai, Pertanian dan juga Wisata Edukasi atau Pendidikan. 

Kedepan, kita di Komisi II tentunya akan mendorong Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan OPD terkait untuk berkolaborasi dengan Pemerintah daerah (Kabupaten) dalam merencang dan mengembangkan potensi pariwisata.

Terus terang hingga saat ini, wilayah Ciayumajakuning walaupun memiliki berbagai objek wisata tapi masih kurang diminati oleh wisatawan , karena calon wisatawan masih mengeluhkan arus transportasi kurang lancer. Ditambah lagi hingga kini wilayah Ciayumajakuning  belum memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kepariwisataan.

Namun dengan ada Tol Cisumdawu, Komisi II akan mendorong perkembangan kepariwisataan Ciayumajakuning, tandasnya.

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu diresmikan oleh Presiden Jokowi, pada Selasa 11 Juli 2023, memiliki panjang sepanjang 61,6 kilometer dengan menelan anggaran hingga Rp.18,3 triliun dengan setengah anggarannya atau Rp9,08 triliun berasal dari APBN, sisanya melalui KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) dan swasta.

“Jalan tol Cisumdawu ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali mulai dibangun tahun  2011, artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya pembebasan lahan dan kita berada di Terowongan Kembar (Twin Tunnel) yang panjangnya 472 meter,” ungkap Presiden.

“Di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat (di Tol Cisumdawu),” tambahnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update