Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Event PKJB 2023 Momentum Kebangkitan Pelaku Kriya Jawa Barat

Rabu, 05 Juli 2023 | 15:23 WIB Last Updated 2023-07-05T08:23:38Z
Kadisperindag Jabar Noneng Komara dan  Ketua  Dekranasda Jabar Atalia , Sekretaris Komisi II DPRD Jabar Yunandar 

  

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali menggelar event Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2023 di areal Gedung Sate, Bandung, 7-9 Juli 2023.

Kadisperindag Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan PKJB tahun ini akan berbeda dengan gelaran sebelumnya yang digelar saat Covid-19. Kali ini acara akan bersifat terbuka untuk umum dan menghadirkan para pelaku kriya dari 27 kabupaten/kota.

“Ada sekitar 103 pelaku usaha kriya atau kerajinan yang akan ikut berpameran, mereka ini perwakilan dari 27 kabupaten/kota yang sudah dikurasi sebelumnya,” kata Noneg Komara yang jugabKetua Harian Dekranasda Jawa Barat.

PKJB 2023 diharapkan akan menjadi kebangkitan usaha para pelaku kriya mengingat selama Covid-19 sektor kreatif ini paling terdampak secara bisnis. “Pengrajin ini kena dampak, dibanding pelaku usaha kreatif seperti makanan dan fashion, kriya sangat terganggu,” ujarnya.

Noneng berharap PKJB 2023 yang digelar berkolaborasi dengan event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) Bank Indonesia bisa menjadi momentum mengembalikan semangat dan gairah para pelaku kriya. “Tahun ini pertama kali acaranya gebyar lagi, sebelumnya di hotel jadi pengunjung sangat terbatas,” katanya.

Misi Dekranasda Jabar sendiri dalam acara ini agar para pengrajin lokal ini bisa menunjukan kualitas karya berstandar internasional. Mengingat momentum PKJB menurutnya akan mempertemukan pelaku usaha dan buyer secara langsung.

“Kita harapkan mereka bertemu pembeli baik lokal maupun internasional, ini akan menjadi ajang yang kompetitif yang ujungnya bisa meningkatkan omzet atau produksi para pelaku,” tutur Noneng.

Noneng mengaku antusiasme daerah untuk mengikuti PKJB 2023 sangat tinggi dilihat dari seluruh kabupaten/kota aktif mengikuti helaran dan pameran. “Daerah ingin menampilkan semua kriya unggulan, jadi antusiasme mereka sangat tinggi,” katanya.

PKJB 2023 juga rencananya menghadirkan Dekranasda Award yang akan memberikan penghargaan pada Dekranasda kabupaten/kota lewat 7 kategori kriya dan 1 kategori untuk Dekranasda pembina.

“Nantinya pengrajin yang juara award di Dekranasda Award akan kami ikut sertakan di Dekranas Award tingkat Nasional,” katanya.

Rencananya PKJB 2023 akan dibuka oleh Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya pada 7 Juli 2023, kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan hadir pada 8 Juli 2023.

PKJB 2023 juga akan menampilkan pula produk-produk unggulan kab/kota melalui fashion show yang dibawakan oleh 46 perangkat daerah di pemprov jabar "Akan ada fashion show dari tiap organisasi perangkat daerah, juga fashion show dari desainer Jawa Barat,” pungkasnya.(*/red).

×
Berita Terbaru Update