Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mendikbud-Ristek RI Nadiem Makarim Buka Pelaksanaan IGEO 2023 di Gedung Merdeka Bandung

Kamis, 10 Agustus 2023 | 00:32 WIB Last Updated 2023-08-12T17:37:13Z
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Buka Pelaksanaan IGEO Tahun 2023 di Gedung Merdeka Bandung



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan International Geography Olympiad (IGEO) Tahun 2023. Ajang internasional ini dibuka oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).

Sebanyak 287 peserta dari 46 negara yang terdiri dari 177 pelajar, 89 ketua tim serta 21 gugus pengamat dan anggota gugus tugas berpartisipasi pada ajang yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 13 Agustus 2023 di Kota Bandung. Seluruh peserta akan berkompetisi sekaligus berbagi ilmu di even internasional tersebut.

Adapun pelajar perwakilan Indonesia, yaitu Fikri Ghifari Hanifah, siswa SMAS Pribadi Kota Bandung, Mikhaila Rainissa Nugroho (SMAN 3 Bogor), Fiona Zhang (SMA Kristen Petra 1 Surabaya), dan Dimas Dwi Rachmat Susilo (SMA Al Kautsar Bandar Lampung).

Nadiem menuturkan, IGEO adalah cerminan dari Merdeka Belajar. "Merdeka belajar adalah yang kalian lakukan sekarang. Belajar bukan tentang akademis, bukan hanya teori di kelas. Tetapi, keluar kelas dan praktik dengan project nyata serta berinteraksi dengan orang-orang dengan latar belakang berbeda dan  membuat pendekatan multidisiplin yang sebenarnya," tuturnya.

Ia menegaskan, nilai bukanlah aspek utama pada keberhasilan belajar. "Nilai tidak menjadi segalanya dalam hal pendidikan, tetapi menempatkan diri kalian di luar sana seperti kalian hari ini, itulah belajar," tuturnya.

Senada, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyebut, mempelajari geografi adalah mempelajari ruang hidup. "Semoga, kita lebih bijaksana terhadap alam dan mendapatkan pengetahuan baru dengan budaya lain," ujarnya.

Gubernur juga mengapresiasi semua pihak yang turut menyukseskan olimpiade ini. "Upaya kalian telah berperan dalam menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua peserta dan Indonesia," ungkapnya.

Kadisdik Jabar : Berikan Yang Terbaik

Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya dlam acara pembukaan IGEO 2023




Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya pun memberikan semangat kepada kontingen Indonesia di ajang IGEO 2023 ini. "Berikan yang terbaik, semoga mendapat keberhasilan yang diharapkan," ucapnya.

Selain itu, Kadisdik berharap para pelajar dari seluruh dunia mendapatkan pengalaman berharga usai menyambangi Kota Kembang. "Semoga, para peserta dari seluruh negara mendapatkan kenangan yang baik dan bisa menceritakan lebih banyak ke negaranya. Inilah Indonesia, Jabar, dan Bandung," pesannya.

Salah satu peserta, Fikri begitu semangat menghadapi IGEO 2023. Apalagi, setelah tiga tahun daring, perhelatan ini bisa dilaksanakan luring. "Target ketua kontingen juara umum, tapi saya pribadi semoga hasilnya lebih baik dari tahun kemarin. Soalnya, kemarin dapat perunggu," harapnya.(*/red).

×
Berita Terbaru Update