Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Memo Hermawan : Komisi V DPRD Jabar Mendorong dan Kawal Percepatan Pembangunan SMAN Ciater

Kamis, 14 September 2023 | 22:21 WIB Last Updated 2023-09-14T17:29:10Z
Sekretaris Komisi V DPRD Jabar H.Memo Hermawan dari FPDIP



BANDUNG, Faktabandungraya.com,---  Sekretaris Komisi V DPRD Jawa Barat  siap mendorong dan kawal percepatan pembangunan SMAN Ciater.  Yang memang sudah cukup lama diharapkan oleh masyarakat kecamatan Ciater Kabupaten Subang.

Aspirasi masyarakat Ciater terkait pendirian SMA Negeri Ciater  sudah disampaikan kepada DPRD Jabar beberapa tahu lalu, namun hingga kini belum terealisasikan.  Maka pada, Senin 11 September 2023, kemarin , mereka (Panitia Perintis  Pendirian SMAN Ciater -red) kembali mendatangi DPRD Jabar yang  diterima Komisi V untuk mempertanyakan perkembangan aspirasi berdirinya SMAN Ciater.

Memo mengatakan, permasalahan sector pendidikan  yang kerap terjadi pada saat PPDB,  salah satu penyebabnya karena kekurangan sekolah SMA / SMK Negeri di Jabar. Bahkan hingga kini masih ada sekitar 200 Kecamatan di Jabar masih belum memilki SMA/SMK Negeri.  Salah satunya yaitu di kecamatan Ciater.

Untuk itu, DPRD Jabar melalui Komisi V  terus mendorong dan minta pihak Pemprov Jabar agar setiap penyusunan RAPBD agar diajukan anggaran untuk  pembangunan unit seolah baru.  Namun, lagi-lagi terkendala soal pembelian lahan.  Karena pendiriaan SMA /SMK itu harus memiiki luasan tertentu.  

“Sulitnya  mencari lahan dan mahalnya harga jual lahan, seringkali menjadi kendala dalam merealisasikan aspirasi masyarakat  yang sangat menharapkan berdirinya unit sekolah baru (SMA/SMK Negeri)”, kata Memo Hermawan saat dimintai taggapannya terkait aspirasi warga Ciater-Subang yang diwakili Panitia Perintis  SMAN Ciater.

Memo  juga mengatakan, bahwa  kecamatan Ciater, Kabupaten Subang selama ini menjadi daerah blank zonasi. Anak-anak mereka akhirnya kesulitan masuk sekolah negeri, khususnya SMA Negeri sederajat. Jarak sekolah yang terdekat bagi masyarakat Kecamatan Ciater berada di Jalan Raya Cagak, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang yang jaraknya cukup jauh sekitar 8 kilometer,”ujar Memo Hermawan.

Berhubung jaraknya cukup jauh, maka banyak  calon peserta didik baru dari Kecamatan Ciater tidak jalur zonasi masuk  SMAN Negeri. Hal tersebut menjadi alasan utama masyarakat meminta SMAN Ciater segera dibangun unit sekolah baru.


Komisi V DPRD Jabar  menerima audensi Panitia Perintis SMAN Ciater


 
Untuk diketahui bahwa  kedatangan  Panitia Perintis SMA Negeri Ciater  diterima oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya, didampingi anggota Komisi V  Sari Sundari, Enjang Tedi dan Raden Tedi, Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Wahyu Mijaya beserta jajarannya, diruang kerja Komisi V DPRD Jabar, Senin (11/9/2023).

Abdul Hadi Wijaya menjelaskan, Panitia Perintis SMA Negeri Ciater menanyakan terkait tindak lanjut dari proposal pendirian SMAN Ciater yang pernah disampaikan pada April 2020 dan mendesak Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang masuk dalam daftar wilayah prioritas pembangunan unit sekolah baru (USB) di Jabar.

 “Kami sudah mendalami masalah ini beberapa tahun lalu, sejak 2020. Kami bahkan melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Ciater. Memang kesulitan dalam membangun unit sekolah baru itu selain lahan juga pembangunan fisik, sehingga dalam realisasinya membutuhkan 2 tahun pengalokasian anggaran,” tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update