Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Eryani Sulam : Distribusi Pupuk Bersubsidi Menjadi Kendala Bagi Para Petani Indramayu-Cirebon

Senin, 23 Oktober 2023 | 22:37 WIB Last Updated 2023-10-23T15:37:20Z
Anggota DPRD Jabar H.Eryani Sulam, M.Si dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia (Foto:Ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Partai NasDem, Eryani Sulam mengatakan permasalahan distribusi pupuk bersubsidi masih menjadi kendala bagi para petani di Kabupaten Indramayu dan Cirebon. Hal tersebut didapatkan dia berdasarkan aspirasi warga dalam kunjungan resesnya.

Menurut dia para petani Indramayu mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi di daerahnya.  Kondisi itu pun dinilainya perlu menjadi perhatian bersama.


“Keterbatasan stok pupuk bersubsidi saat ini masih dirasakan oleh sebagian para petani,” ujar Eryani Sulam, saat ditemui di gedung DPRD Jabar, jalan Diponegoro No 27 Bandung, baru-baru ini.


Politisi Nasdem Jabar ini, mengatakan jika dilihat dari distribusi sebaran pupuk antar desa belum merata meski kebutuhan pupuk para petani di tiap desa itu berbeda. Untuk itu, dirinya meminta kepada Pemprov Jabar dan pemerintah pusat untuk segera mengatasi distribusi pupuk agar para petani dimudahkan memperoleh pupuk terutama yang bersubsidi.


“Pemerintah daerah sebetulnya memiliki data lahan pertanian. Baik tanaman pangan maupun palawija. Dari data ini seharusnya sudah terlihat tingkat kebutuhan pupuk yang dipetakan berdasarkan luas lahan pertanian tiap desa,” sambungnya.


Eryani meyakini kebutuhan petani akan pupuk dapat ditanggulangi. Dia memberikan ilustrasi apabila untuk satu desa diberikan subsidinya untuk kebutuhan sekitar 600 hektar lahan dengan perbandingan  1 hektar 1 kuintal pupuk urea.

“Nah kalau ini berjalan saya yakin ketersediaan pupuk akan mencukupi,” kata dia.


Selain itu Eryani menambahkan para petani juga harus mengikuti saran dari penyuluh pertanian untuk penggunaan pupuk.


“Jangan sampai penggunaan pupuk ini dipakai secara berlebihan atau dimanfaatkan untuk keperluan lain. Jadi permasalahan ini nanti akan saya sampaikan melalui Fraksi di dewan agar segera ditindak lanjuti oleh dinas terkait,”tandasnya. (AdiP/dbs/Sein). 


×
Berita Terbaru Update