Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Beroperasional BIJB Kertajati, Eryani Sulam Optimis Perekonomian Masyarakat Ciayumajakuning Menggeliat

Selasa, 24 Oktober 2023 | 00:00 WIB Last Updated 2023-10-23T17:02:37Z
inilah BIJB Kertajati Majalengka ( Foto : ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Eryani Sulam, M.Si dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia optimis dengan beroperasionalnya Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat yang tinggal di kawasan Ciayumajakuning.

BIJB Kertajati merupakan Bandara Internasional  kebanggaan masyarakat Jabar mulai dioperasikan sejak tahun 2020 lalu. Namun, akibat kasus pandemi  Covid-19, keberadaan BIJB dalam kondisi mati suri.

Kini, pemerintah pusat dan provinsi Jabar  sejak awal tahun 2023 lalu, mulai meningkatkan aktifitas operasional penerbangan dari dan munuju BIJB Kertajati.  Bahkan, mulai terhitung tanggal 1 November 2023 mendatang akan ada pengalihan/ pemindahan penerbangan pesawat bermesin Jet dari Bandara Husein Sastanegara Bandung ke BIJB Kertajati.

H. Eryani Sulam membenarkan bahwa hasil koordinasi Pemprov Jabar dan DPRD Jabar dengan Pemerintah Pusat memalui Kementerian Perhungan, sudah disepakati bahwa sejak 1 November 2023 mendatang akan ada pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Kertajati Majalengka.

“ Ya’ benar  penerbangan pesawat bermesin Jet  dari Bandara Husein Badung akan dialihkan ke BIJB Kertajati Majalengka.  Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi perekonomian di kawasan Ciayumajakuning ( Cirebon- Indramayu- Majalengka-Kuningan), kata politisi Nasdem dari Dapil Jabar XII (kab/kota Cirebon- Kab Indramayu) ini.

Dengan pengalihan penerbangan ini, maka bagi masyarakat selaku calon penumpang tentanya sangat menantikan.  Karena, arus transportasi dari dan menuju Bandara BIJB Kertajati kini sudah didukung oleh Tol Cipali dan tol Cisumdawu yang sudah dapat langsung ke BIJB Kertajati.

Setelah beroperasinya Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati semakin cepat dari berbagai zona di wilayah Jawa Barat sehingga hal ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan investasi di wilayah Jawa Barat, terutama di kawasan metropolitan Rebana di utara Jawa Barat.

Eryani Sulam menambahkan bahwa , perjuangan Pemprov Jabar dan DPRD Jabar untuk membangun dan beropresional BIJB Kertajati sangat luar biasa. Dan kini mulai beroperasinal, untuk itu, aktifitas BIJB Kertajati harus berdampak positif bagi Pemerintah daerah dan masyarakat Ciayumajakuning.

“DPRD Jabar akan mendorong, pertumbuhan perekonomian baru dan karya -produksi UMKM Jabar ada di kawasan ekonomi bisnis BIJB Kertajati.  Dengan demikian, keberadaan BIJB benar-banar dapat dirasakan dan mendukung perekonomian masayrakat Ciayumajakuning, harapnya.

Sebagai informasi, bahwa akan ada  tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke BIJB Kertajati.

Tujuh rute itu adalah penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.(AdiP/dbs/sein).

×
Berita Terbaru Update