Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Ramadhan 1445H, Komisi II Ceck Ketersedian Sapi Potong di Balai PP Ternak Sapi Potong Ciamis

Jumat, 08 Maret 2024 | 21:00 WIB Last Updated 2024-03-21T17:36:15Z
Pimpina dan anggota Komisi II saat konker Balai PP Ternak Sapi Potong di Cijeungjing Ciamis



BANDUG, Faktabandungraya.com,--  Dua pekan memasuki bulan suci Ramadhan, tentunya tingkat kebutuhan akan  daging sapi  akan meningkat. Uuntuk itu, Komisi II DPRD Jabar melakukan kunjungan kerja ke Balai Pengembangan Perbibitan (PP) Ternak Sapi Potong di Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Kunjungan kerja Komisi II ke Balai PP Ternak Sapi Potong tersebut, selain untuk mengececk ketersediaan Sapi Potong , juga  dalam rangka evaluasi program dan kegiatan APBD T.A. 2023.

Anggota Komisi II DPRD Jabar  Ir.H. Herry Dermawan dari Fraksi PAN membenarkan bahwa Pimpina da anggota Komisi II DPRD Jabar telah melakukakunjungan kerja ke Balai PP Ternak Sapi Potong di Cijeungjing Kabupaten Ciamis. 

Dikatakan, kunjungan  Komisi II tersebut, untuk mengetahui seberapa banyak sapi potong yang ada di Balai PP Ternak Sapi Potong di Cijeungjing  dan juga sekaligus melakukan rapat evaluasi program dan kegiatan APBD 2023.

Dalam rapat tersebut pihak Balai mengatakan, bahwa walaupun ketersediaan sapi potong cukup banyak, tetapi kemungkinan besar belum dapat memenuhi akan kebutuhan daging sapi bagi seluruh warga Jabar, terutama  kebutuhan selama bula suci Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H.

“ Agar kebutuha daging sapi dapat terpenuhi, DPRD jabar melalui Komisi II mendorong pemerintah provinsi Jabar melalui Dinas Kepetahan Pangan dan Peternakan (DKPP) untuk melakukan berbagai upaya agar dapat terpenuhi, hal ini penting, agar selama Ramadhan dan Lebaran tidak terjadi lonjakan harga  daging sai di pasaran”, kata Herry Dermawan, saat dihubungi, Jum’at (8/03/2024).

Herry juga mengatakan, dalam beberapa rapat dengan DKPP dan jajaranya, Komisi II DPRD  mendorong da mensupport  anggaran  untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi bagi masyarakat  Jabar.

Herry Dermawan dan Lina Ruslinawati 


Supporting anggaran harus dilakukan, karena kebutuhan akan daging sapi bagi masyarakat di Jabar sangat banyak, bahkan pertahunnya bisa mencapai  sekitar 195.000 250 ton atau sekitar 1,1 juta ekor sapi.   Bahkan butuhan akan bertambah sebanyak 20.000 ekor saat Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, ujar  Politisi PAN Jabar ini.


Untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di Jabar, Komisi II DPRD Jabar terus mendorong Pemprov Jabar melalui mitra kerja Dinas Kepetahan Pangan dan Peternakan (DKPP) agar Pj Gubernur Jabar memberikan polical will anggaran untuk pengadaan pembibitan  dan penggemukan  sapi, ujarnya. 

Lebih lanjut Herry mengatakan, selama ini dalam memenuhi kebutuhan akan daging sapi di Jabar,  terpaksa dilakukan impor  regional yaitu dari provinsi Jateng, Jatim dan NTB. Bahkan juga dilakukan impor dari Negara Australia.  Karena bergantung pada impor, maka harga daging sapi sering kali tidak terkendali.  Bahkan belum lagi ditambah biaya pakan.

Komisi II juga mendorong  pemerintah melalui DKPP  untuk  melakukan peningkatan sarana prasaran , sehingga pihak Balai dalam bekerja  dapatlebih maksimal  dalam memenuhi akan kebutuhan  pangan dan peternakan di Jabar, tadasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update