Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Herry Dermawan : Duku Cililitan Terkenal Manis dan Harus Jadi Ikonik Ciamis

Selasa, 07 Mei 2024 | 16:21 WIB Last Updated 2024-05-07T09:21:35Z
Panen Duku Cililitan Karangayar Kab Ciamis (foto: ist)


CIAMIS,  Faktabandungraya.com,-- Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Ir. H. Herry Dermawan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) mengapresiasi keberhasilan sekolah lapang swadaya duku Cililitan yang berhasil menangani Penyakit Karat Merah Algae.

Selama ini warga  kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis sangat diresahkan  oleh penyakit/ hama Karat Merah Algae yang sering menyerang pohon duku Cicilitan.  terutama saat musim berbuah.

Alhamdulillah, dengan sekolah lapang swadaya duku Cililitan, warga kecamatan Cijeungjing mendapatkan ilmu pengetahuan tentang penyakit dan cara mengatasinya. Dan hasilnya, pohon duku warga dapat berbuah dengan lebat.

“Beberapa waktu lalu, Kelompok Tani Harapan Makmur Karanganya kec. Cijeungjing melakukan panen raya buah duku Cililitan dan hasil mengalami peningkatan”, ujar Herry Dermawan.  

“Buah duku Cililitan, yang terkenal dengan rasa manisnya mampu bersaing di pasaran, tidak kalah dengan buah duku Palembang, ujarnya.

Politisi PAN ini optimis duku Cililitan bisa menjadi salah satu buah yang ikonik Ciamis. Untuk itu, Herry meminta kepada petani duku Cililitan agar lebih kreatif. Seperti didaerah lain, dibuat event petik buah duku sendiri langsung di pohon.

Anggota Komisi II DPRD Jabar H.Herry Dermawan
saat menghadiri Pananraya duku Cililitan (foto:HR.com/ist)



“Coba saat panen raya, buat event metik buah duku sendiri di pohon, makan duku dikebun gratis, bawa pulang bayar,  Hal ini bisa menjadi daya tarik wisatawan”, ujar Herry yang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029.


Melalui Event petik buah duku sendiri, secara tidak langsung sudah meritis usaha agrowisata petik buah duku.

Lebih  Anggota DPRD Jabar dari Dapil Kuningan-Ciamis-Pangandaran dan kota Banjar ini, mengatakan Komisi II DPRD Jabar akan meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jabar dan Ciamis, termasuk juga Penyulluh Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) untuk membantu petani khususnya dalam penanganan penyakit Karat Merah yang sering menyerang pohon dan daun duku.

Sekali lagi saya meminta agar Petik buah duku sendiri harus dicanangkan setiap memasuki musim panen raya buah duku Cililitan. Dan kita jadikan Duku Cililitan Ikonik Ciamis, tandasnya. (AdiP/sein).

 

×
Berita Terbaru Update