Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akan Bangun 600 Jembatan, Pemprov Jabar Libatkan Relawan

Senin, 13 Februari 2017 | 11:43 WIB Last Updated 2017-02-14T04:44:49Z

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Tinjau Pembangunan
Jembatan Pakenjeng, Kab Garut ( foto : ist)
GARUT, FAKTABANDUNGRAYA.COM - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan pada tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun 600 jembatan atau rawayan di berbagai daerah. Untuk itu, dalam pembangunan akan melibatkan relawan.

Menurut Aher, relawan ataupun LSM dapat membantu mencari lokasi untuk pembangunan jembatan. Seperti pada jembatan di Pakenjeng ini yang dibangun oleh relawan yang tergabung Vertical Rescue Indonesia.

"Kebetulan mereka juga memiliki program seribu jembatan, nah gagasan mereka ketemu dengan program kita maka kita akan kerjasama dengan mereka," ujar Aher selepas meninjau pembangunan jembatan di Desa Pasirlangu Kecamatan Pakenjeng Garut, Minggu (12/02).

Dikatakn pada tahun anggaran 2017 ini , Pemprtov Jabar telah menyiapkan anggaran sebesar sebesar Rp 25 Milyar dari APBD Murni 2017. Anggaran tersebut diperkirakan dapat membangun sebanyak 500 sampai 600 jembatan atau rawayan bisa kita bangun di 2017 ini.

Namun, bila anggarannya masih kurang dapat ditambah dalam APBD Perubahan 2017, mendatang, ujarnya.

Aher juga mengatakan, untuk pembangunannya sendiri Pemprov Jabar akan melibatkan Dinas terkait, para ahli dari ITB termasuk juga dari Pusat Jalan dan Jembatan (Pusjatan) untuk menilai kelayakan jembatan tersebut sehingga bisa dipertanggung jawabkan secara teknis, moral dan keuangan.

Lebih lanjut Gubernur Aher mengatakan, untuk pembangunan satu jembatan diperkirakan menelan biaya Rp 50 juta dengan panjang jembatan 50 meter. Rata-rata pembangunan jembatan ini berada di Pedesaan sehingga kedepan akan meningkatkan pergerakan orang dan barang yang selama ini terganggu karena ketiadaan akses.

Selain itu, saya tidak mau lagi ada anak yang mau ke sekolah sampai bergelantungan di jembatan. Karena sector pendidikan merupakan salah satu indicator untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," ujarnya.

Bila target 600 jembatan ini tercapai, maka pada akhir tahun akan kita deklarasikan pembangunan 600 jembatan. Kita berharap ini dapat terwujud, kalau terwujud merupakan prestasi besar," pungkasnya.

Turut mendampingi kunjungan Gubernur Aher saat meninjau pembangunan jembatan di Desa Pasirlangu Kecamatan Pakenjeng Garut diantaranya, Ass II Setda Jabar Denny Juanda, Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang ( DBM-PR) M Guntoro, Bupati Garut Rudy Gunawan.  (sein/hms).
 
×
Berita Terbaru Update