Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Oded: Apa Beda Pejabat Dengan Pemimpin ?..

Rabu, 13 September 2017 | 19:35 WIB Last Updated 2017-09-13T12:36:50Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial didaulat untuk memberikan kuliah umum bagi ratusan Mahasiswa baru Program Studi Ilmu Administrasi Negara di Kampus Universitas Pasundan (Unpas), Jalan Lengkong Besar No. 68 A, Rabu (13/09).

Diawal sambutannya Oded sempat melontarkan pertanyaan kepada para mahasiswa baru, “Apa bedanya pejabat dengan pemimpin?" Pertanyaan tersebut, kontan membuat para mahasiswa baru bergeming.

Berhubung tidak ada yang menjawab, akhirnya Oded menjelaskan yang dimaksud Pemimpin adalah dia yang menerima amanah dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, sementara pejabat sekadar menerima jabatan demi fasilitas-fasilitas, jelasnya.

Ia lantas mengimbau agar para mahasiswa tidak sekadar menjadi pejabat, melainkan menjadi pemimpin yang baik dan amanah.

Lebih lanjut Oded memberikan pandangannya, ada dua cara untuk menjalankan amanah sebagai pemimpin. Pertama, ia harus menggunakan akal dan pikirannya untuk menjalankan norma-norma yuridis.

"Norma yuridis itu adalah aturan-aturan yang telah tertulis, seperti Undang-Undang. Seorang pemimpin harus patuh terhadap hal itu," katanya.

Sementara yang kedua, pemimpin juga harus memiliki norma-norma etis yang menggunakan hati nurani sebagai panduan. Ia menceritakan bahwa ia tak jarang menggunakan norma etis di atas norma yuridis.

"Contohnya soal fasilitas negara, secara yuridis saya berhak mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu. Tapi saya dengan Wali Kota sepakat untuk menggunakannya secukupnya saja karena kami merasa masih ada ribuan warga miskin di Bandung yang harus lebih kami pikirkan," tutur Oded.

Oded menitipkan agar para mahasiswa harus menuntut ilmu secara tekun, tidak hanya di dalam kelas tetapi juga mendalami ilmu-ilmu kehidupan. Dengan begitu, kelak pada mahasiswa baru ini bisa menjadi pemimpin yang cerdas dan baik.

"Saya titip pesan, negeri yang kaya raya yang kita tinggali ini mencari sosok pemimpin yang amanah. Jadilah pemuda harapan bangsa yang dicintai oleh masyarakat," ucap pria yang juga menjadi alumnus kampus tersebut. (hms/red).
×
Berita Terbaru Update