Gelar Wisuda Pertama, STIMLOG Berhasil Meluluskan 70 Persen Predikat Cumlaude

BANDUNG, faktabandungraya.com,- Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) menggelar wisuda pertamanya Tahun Akademik 2017/2018 berlangsung di Auditorium Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), Jl. Sariasih No.54 Sarijadi, Bandung, kemarin,  dengan meluluskan 70 persen mahasiswa berpredikat Cumloude.

STIMLOG merupakan sekolah pertama di Indonesia yang fokus pada keilmuan Bidang Logistik dan Supply Chain Management. Hal tersebut tercermin dalam lulusannya dari 31 mahasiswa terdiri dari 15 mahasiswa program studi (Prodi) S1 Manajemen Transportasi dan 16 mahasiswa Program Studi (prodi) S1 Manajemen Logistik.

STIMLOG didirikan pada tanggal 22 Juli 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan indonesia dengan SK Nomor 275/E/O/2013 yang oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kedua prodi tersebut mendapatkan Akreditasi “B” dan dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Ketua STIMLOG, Nurlaela Kumala Dewi, ST.MT dan Ketua Prodi Manajemen Logistik, Ir. Afferdhy Ariffien, MT. saat memberi ucapan selamat kepada wisudawan.

Ketua STIMLOG, Nurlaela Kumala Dewi ST.MT menyampaikan sambutannya dalam Sidang Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Sarjana 2018 dan Dies Natalis ke 4 mengatakan, puji sukur atas terlaksananya Wisuda ke I STIMLOG dan mengucapkan selamat atas keberhasilan 31 Sarjana Logistik pertama di Indonesia yang terdiri dari 15 Sarjana Logistik (S.Log) dari Prodi Manajemen Transportasi dan 16 Sarjana Logistik (S.Log) dari prodi manajemen Logistik dan sudah terserap 20 % pada perusahaan sebelum wisuda.

Dalam pesannya kepada wisudawan, Nurlaela mengatakan,”Setelah diwisuda, paling tidak ada tiga pilihan bagi wisudawan. Pertama mencari kerja dan bekerja, dengan mengamalkan ilmu didunia kerja dan masyarakat berstatuskan sarjana lulusan pertama di Indonesia dengan gelar S.Log yang siap merancang dan meniti karier. Kedua, membuka lapangan kerja sendiri atau menciptakan lapangan kerja sebagai

enterpreneurship yang kreatif dan yang Ketiga, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan menunjukkan bahwa alumni STIMLOG adalah orang-orang yang cerdas dan mampu bersaing, berkontribusi terhadap pembangunan bangsa Indonesia," jelasnya.

Diantara 31 wisudawan, mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi studinya sebagai wisudawan terbaik dan mendapatkan predikat Cumlaude atau Lulus Dengan Pujian yakni Lela Fitriyani Ayu Lestari dari Prodi Manajemen Logistik, IPK 3,88 dengan masa studi 4 tahun. Sedangkan dari Prodi Manajemen Transportasi diraih oleh Asyhadita Ridhawati Ermahri dengan IPK 3,86.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TPBPI Haryanto menyatakan kegembiraannya atas keberhasilan mahasiswa STIMLOG dan bepesan, "Dalam lingkungan global, lulusan STIMLOG harus mampu menyiapkan diri menjadi sumber daya yang tangguh, kompetitif dan mampu beradaptasi bukan hanya oleh lingkungan lokal, regional tapi juga dalam lingkungan yang global dalam pencarian kerja dan mengembangkan jiwa kewirausahaan atau enterpreneurship.

Sebagai wisudawan lulusan terbaik, Lela Fitriyani Ayu Lestari asal Cirebon mengatakan, ”Saat masuk di STIMLOG begitu banyak kendala dalam menyesuaikan proses belajar, karena kampusnya masih baru dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki jurusan logistik dan transportasi.

Banyak yang belum tahu tentang STIMLOG, tapi dengan kurikulum yang spesial dan sarana penunjang perkuliahan berupa laboratorium, perpustakaan dan akses internet membuat lambat laun dan makin tahun banyak perusahaan yang tertarik dengan STIMLOG, karena dipastikan akan menghasilkan lulusan yang ahli dibidangnya," Lela Fitriyani Ayu Lestari.

Lela menambahkan, semoga kedepan STIMLOG semakin maju dan terus mencetak lulusan terbaik untuk membantu kegiatan logistik di Indonesia dan menjadi Sekolah Tinggi yang terkenal hingga kancah internasional.
“Untuk adik kelas yang masih menempuh pendidikan di STIMLOG, teruslah belajar dengan disiplin dan semangat yang tinggi. Harumkan almamater kita, tetap kompak dan jaga silahturahmi kita untuk membuktikan ke dunia luar bahwa kita sanggup bersaing dan berkompetisi,” pungkas Lela.

Sementara itu, salah seorang wisudawati yang sudah bekerja sebelum wisuda, Syifa Putri Maharani asal Kabupaten  Sumedang, mengatakan,” Syukur alhamdulilah, perjuangan panjang dan kerja keras serta dukungan orang tua Syifa dapat menyelesaikan studi di STIMLOG memperoleh gelar S.Log pertama di Indonesia. Perasaan haru dan bangga sebagai mahasiswa angkatan pertama atau pelopor dalam melewati banyak hal baik suka maupun duka dalam melalui tahapan proses belajar yang terus berkembang. 

Semoga Syifa dapat amanah mengemban tugas alumni STIMLOG diantaranya menjunjung tinggi nama almamater dan mengamalkan ilmu pengetahuan bagi masyarakat, harapnya.

STIMLOG sebagai penyelenggara pendidikan dan pengajaran akan selalu terus mengembangkan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni dalam lingkup logistik dan manajemen transportasi sesuai dengan visi dan misinya, yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berprestasi untuk menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi sesuai kebutuhan perubahan global dan tantangan lokal. (Suryadi).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.