Akui IPAL Kurang Lengkap, Direktur PT HAY Telah Siapkan Instalasi Tambahan

FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIMAHI - Saluran pembuangan limbah pabriknya ditutup oleh Satgas Sektor 21, pemilik sekaligus Direktur PT. How Are You, Mr. Liu mengakui bahwa alat pengolahan limbah yang dimiliki pabrik belum lengkap atau sempurna. Hal itu diungkapkannya ketika ditemui Satgas Dansektor 21, Kol Yusep Sudrajat usai menutup lubang saluran pembuangan limbah yang bermuara di aliran sungai Cimahi.

"Saya akui bahwa alat pengolahan limbah kami belum lengkap, untuk itu hasil limbah belum bisa selalu maksimal. Apalagi jika hasil produksi berwarna hitam, membutuhkan proses yang cukup lama, walaupun sudah ditambah kemikal-nya," ujar Mr. Liu, Sabtu, 9 Juni 2018.

Diakui Liu, pengolahan limbah pabriknya saat ini melalui proses Kimia dan biologi. Hanya saja, kata Liu, pengolahan biologi yang dimilikinya masih belum bisa maksimal, dan dibutuhkan instalasi pengolahan biologi tambahan. 

"Saya sudah menyiapkan instalasi tambahan tersebut, gambarnya sudah ada, tinggal tanda tangan kontrak dan pelaksanaannya saja, mugkin sehabis libur lebaran mulai dikerjakan," terang pria keturunan Taiwan yang mengaku telah lama menjadi Warga Negara Indonesia.

Sementara, menurut Dansektor 21, Kol Inf Yusep Sudrajat, menanggapi respon pihak perusahaan, dirinya bersyukur karena pemilik pabrik kooperatif dan mengakui kekurangan pengolahan pabrik tersebut. 

"Kami tutup karena pabrik berulangkali kedpatan buang limbah yang hitam pekat, dengan bukti video yang diambil tim satgas," ujar Kol Inf Yusep.

"Setelah menemui dan mendengar klarifikasi pemilik pabrik, saya berharap apa yang dikatakan pemilik pabrik telah menyiapkan perbaikan berupa instalasi tambahan pengolahan limbah, semoga bisa segera direalisasikan. Dan jangan takut bagi pemilik perusahaan, karena kami (satgas) hanya mendorong percepatan perbaikan," pungkasnya. (cuy).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.