Disdik Jabar Gelar Uji Kompetensi PPDB SMA/SMK Jalur Prestasi

BANDUNG,(faktabandungraya.com),--- Dinas Pendidikan mulai tanggal 25, 26 dan 28 Juni 2018 melaksanakan Uji Kompetensi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat 2018 dikhususnya untuk jalur prestasi. Menurut Sekertaris II PPDB Jawa Barat, Edy Purwanto mengatakan penilaian dan teknis uji kompetensi diserahkan kepada sekolah masing-masing.

Pelaksanaan Uji Kompetensi PPDB 2018 dilaksanakan di masing-masing sekolah baik untuk SMA maupun SMK. Nanti pihak sekolah sekolah berkoordinasi dengan guru mata pelajaran masing-masing sesuai dengan prestasi yang diujikan. Misalnya, untuk prestasi olahraga, dengan guru olahraga, atau bisa kerjasama dengan KONI,” ujar Edy saat ditemui di ruangannya, Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr. Rajiman No. 6, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 22 Juni 2018.

Adapun jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi ditentukan oleh sekolah yang bersangkutan. Untuk itu, calon siswa yang mengikuti jalur prestasi diharapkan selalu berkoordinasi dengan sekolah, karena teknis uji kompetensi setiap sekolah dan uji kompetensi setiap prestasi, berbeda-berbeda, ujarnya.

Untuk menentukan nilai akhir jalur prestasi, Edy mengatakan hasil skor prestasi merupakan hasil nilai uji kompetensi ditambah dengan skor prestasi. Sedangkan hasil total skor prestasi merupakan skor jarak ditambah skor prestasi.

“Untuk SMA semuanya menggunakan skor jarak, bobotnya 70 persen. Sedangkan untuk SMK tidak ada skor jarak. Maka, walaupun prestasi yang didapat misalnya semua juara 1, untuk lolos seleksi, ya dilihat juga jarak rumahnya dan hasil nilai uji kompetensi,” ujar Edy.

Berikut adalah rumus proses penghitungan skor akhir seleksi jalur prestasi:

1) Menghitung skor prestasi
     Skor Prestasi = bukti prestasi + hasil uji kompetensi

2) Menghitung skor total
    Skor Total = (skor jarak x bobot) + (skor prestasi x bobot),

Bobot untuk skor jarak adalah 30 %, bobot untuk prestasi adalah 70%.

Masyarat dapat melihat gambar diatas/ (sein/hms).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.