Indahnya Danau Lestari, Karya Emas Satgas Citarum Sektor II Kodam III/ Siliwangi

FAKTABANDUNGRAYA.COM, KABUPATEN BANDUNG - Danau Lestari salah satu sumber mata air yang berada di Desa Pangauban kecamatan Pacet kabupaten Bandung,propinsi Jawa Barat. Melalui tangan-tangan emas Prajurit Maung Siliwangi yang tergabung pada Satgas Citarum Harum Wilayah Sektor II, dibawah Komando Kolonel Inf Mulyono selaku Dansektor II,Danau Lestari kini telah di sulap, di tata  bagai taman Danau  Surga dimana lingkungannya sejuk, Asri indah dipandang mata, terlebih sumber mata air danau lestari airnya jernih dan bersih, Selasa, 5 Juni 2018.

Sebelum adanya kehadiran Satgas Citatum Harum Sektor II Prajurit Maung Siliwangi, Danau lestari ini tidak terawat dengan baik dan terkesan kumuh serta tidak punya nilai jual obyek tempat wisata, namun kini Danau Lestari menjadi salah satu tujuan obyek wisata daerah yang sering dan banyak dikunjungi masyarakat lokal maupun non lokal guna menikmati panorama alam nan indah.

Untuk menambah daya tarik dan di minati para touris lokal maupun non lokal Dansektor II,Kolonel Inf  Mulyono, menyediakan dan menambah wahana arena permainan berbagai jenis, sehingga nantinya pengunjung bisa betah dan bisa menikmati suasana alam Danau Lestari.

Menurut Kolonel Inf Mulyono di lokasi Danau Lestari tersebut,mengatakan, "Harapan saya, Danau lestari ini bisa di nikmati touris-touris lokal dan internasional sehingga bisa dikenal di dunia, maka dengan itu saya menata,merawat kelestariannya agar danau lestari ini tidak terkotori dan dicemari ulah manusia yang tidak bertanggungjawab,"ujar sang Kolonel.

“Kemudian rencana ke depannya setelah kami rawat dan ditambah sarana arena permainan dan sarana olah raga, kami akan serahkan ke pihak Perhutani untuk di jaga kelestariannya dan tentunya juga untuk dijadikan obyek wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati masyarakat sekitar,"ucapnya.

Perlu diketahui juga bahwa keberadaan Danau Lestari ini merupakan salah satu sumber mata air yang mengalir ke  sungai Citarum, selain danau hulu sungai Cisanti,kurang lebih tiga bulan ini para Prajurit Maung Siliwangi Satgas Citarum Harum dan para penggiat lingkungan yang di bantu juga oleh masyarakat Desa Pangauban dan Pihak Perhutani merawat dan membenahi serta menata dengan baik agar Danau Lestari ini bisa dijadikan sarana obyek wisata alam yang sejuk dan indah.

Diharapkan setelah penataan selesai yang diperkirakan setelah habis lebaran danau lestari ini akan diresmikan penggunaannya oleh bapak Panglima Kodam III/Siliwangi dam diserahkan ke Perhutani, dimana sebelumnya akan di adakan perlombaan-perlombaan dan pertandingan olah raga di lokasi Danau Lestari ini," tambahnya.

Masih ditempat yang sama Anas Nasrudin Kepala KRPH( Kepala Resort  Pemangkuan Hutan) wilayah Lembur Awi kecamatan Pacet BKPH Banjaran Perhutani  kabupaten Bandung,mengatakan," Dengan kehadiran Satgas Citarum Harum di wilayah kerja kami,dibawah Garis Komando Kolonel Inf Mulyono selaku Dansektor II sangat-sangat membantu dalam.melestarikan sumber mata air untuk kehidupan orang banyak,tentunya dari pihak Perhutani mengucapkan terimakasih kepada TNI Kodam III Siliwangi terutama para Satgas Citarum Harum dan Kolonel Inf Mulyono yang telah bekerja keras dan mengabdikan dirinya untuk kelestarian Danau Lestari ini yang telah di rawat serta di tata sedemikian rupa sehingga menambah daya tarik dan dapat diminati oleh para pengunjung sebagai obyek wisata Alam Danau Lestari,"ucap Anas Nasrudin. (Cuy/Pendam III)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.