Maman Cawabup No.1 Lestarikan Citarum Harum Tebar Benih Ikan Bersama Yayasan Vihara Dhama Loka

FAKTABANDUNGRAYA.COM, KABUPATEN BANDUNG BARAT – Komitmen Maman S Sunjaya Calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat terhadap lingkungan alam sekitar memang sudah nampak lama, juga sebagai pembina Gerakan Hejo Bandung Barat yang konsen pada pelestarian lingkungan juga perjuangannya pada DAS Citarum, Maman membuktikan dengan menabur benih ikan di sepanjang sungai citarum tepatnya di daerah saguling, minggu (3/6/2018)

Acara tabur benih ikan yang kerap digelar ini adalah agenda yang biasa dilakukan  bersama Yayasan Vihara Dhama Loka, tabur benih ikan juga membantu perekoniman masyarakat nelayan budidaya di wilayah sungai Saguling serta sebagai bentuk pelestarian akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan utamanya sungai Citarum.

Adapun benih ikan yang di tabur ada berbagai jenis diantaranya ikan emas, nila, lele dan lain lain, kini masyarakat yang hobi memancing tambah dimanjakan lagi, karena Cawabup no 1 Maman. S Sunjaya dan Yayasan Vihara Dhama Loka telah menebar ikan disana. Tepatnya di Sungai Saguling Kabupaten Bandung Barat.

Ribuan ikan telah ditebar oleh Maman Bersama warga dan dan juga relawan, rombongan tersebut langsung mencoba ikut memancing disana. Kehadiran Maman kumis yang tak asing lagi ini disambut meriah warga. Utamanya warga yang hobi memancing, langsung berlomba-lomba melempar kail bersamanya.

Maman menginginkan, agar sepanjang sungai Citarum dan saguling selain berfungsi sebagai irigasi juga bisa menjadi salah satu tempat mencari nafkah warga juga destinasi pemancingan yang populer. Sekaligus sebagai upaya untuk selalu peduli terhadap kelestarian lingkungan dan terjaganya ekosistem sungai.

“kegiatan tabur benih ikan ini harus kita dukung, demi kelestarian lingkungan,” kata Maman di kesempatan itu, Maman juga mengingatkan warga masyarakat agar selalu menjaga kebersihan sungai dan juga para pengusaha dilarang membuang limbah beracun pabrik di aliran sungai Citarum. Karena kebersihan sungai sangat penting untuk kelestarian ekosistem air. Selama ini, sebagian masyarakat, membuang sampah rumah tangga dan kotoran di sungai. Sehingga, menjadikan sungai tercemar juga pemandangan di kawasan itu, terlihat tidak sedap” oleh karena itu mari kita jaga sungai kita agar tetap lestari”, pungkasnya

Masih kata Maman,"Intinya citarum adalah tanggung jawab kita bersama baik juga di tangani oleh pemerintahan pusat, propinsi dan kota atau kabupaten khusunya bandung barat",katanya. (cuy/Dbs)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.