Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kabupaten Bogor Tuan Rumah Porda XIII Jabar Pertandingkan 60 Cabor

Rabu, 11 Juli 2018 | 19:05 WIB Last Updated 2018-07-11T12:06:39Z
KAB BOGOR - Kabupaten Bogor akan menjadi tuan rumah ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke-XIII Jawa Barat akan digelar pada tanggal 6 - 15 Oktober 2018 mendatang yang bersamaan dengan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) Jabar ke-V.

Pada Porda ke XIII tahun ini akan mempertandingkan sebanyak 60 Cabang Olahraga (Cabor) dengan nomor pertandingan berjumlah 879. Sedangkan Peparda V terdiri dari 502 nomor pertandingan dari 12 Cabor yang dilombakan. Ini merupakan jumlah Cabor dan nomor pertandingan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan Porda dan Peparda Jabar.

Menjalang pelaksanaan Porda, Pejabat Gubernur Jabar H. Mochamad Iriawan menggelar rapat persiapan penyelenggaraan Porda XIII/ Peparda V Jabar bersama Bupati Bogor, ketua KONI Jabar dan ketua NPCI Jabar di stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Selasa (10/07/2018).

Dalam arahannya Iriawan meminta selain harus sukses, gelaran Porda XIII/ Peparda V Jabar juga harus dijadikan ajang mencari bibit atlet unggulan Jabar untuk menghadapi PON XX di Papua tahun 2020 mendatang.

"Event ini harus sukses dan untuk mencari bibit atlet untuk persiapan PON XX, karena itu kami minta untuk maksimal, ketua KONI nanti harus bisa menyaring atlet terbaiknya," ujarnya.

Porda XIII/ Peparda V Jabar ini akan digelar di 41 venue yang berlokasi di 5 Kecamatan. Sedangkan 12 venue lainnya akan digelar di luar Kabupaten Bogor, yaitu di Kota Bogor, Cimahi, Depok, Kabupaten Karawang dan Pangandaran. Untuk venue Peparda semua berlokasi di Kabupaten Bogor kecuali Cabor Bowling di Kota Bogor. Untuk itu Iriawan berharap, selama event ini berlangsung memberikan dampak perekonomian khususnya bagi masyarakat Bumi Tegar Beriman.

"Event ini harus ada dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Porda XIII akan memperebutkan 2204 medali emas, 2218 perak dan 3001 perunggu. Untuk Peparda V panitia mempersiapkan 502 medali emas, 502 perunggu dan 502 perak. Opening dan closing ceremony akan digelar di stadion Pakansari Bogor.

Ditunjuk menjadi tuan rumah, Bupati Bogor Nurhayanti menyatakan kesiapannya. Pihaknya terus menggenjot renovasi beberapa venue pertandingan sesuai standar.

"Tentu kami sudah persiapkan sejak ditunjuk jadi tuan rumah tahun 2015 lalu dan gebyarnya pun sudah kami lakukan sejak jauh hari," katanya.

Nurhayanti mengungkapkan, target yang ingin dicapai pada Porda XIII/ Peparda V Jabar ini adalah sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, sukses ekonomi dan sukses budaya.

"Itu harapan dan target kami yang harus dicapai," ujarnya.

Maskot Porda XIII/ Peparda V Jabar kali ini bernama Wela dan Wili yang merupakan sepasang hewan karnivora Harimau yang pernah berhabitat di gunung Halimun. (hms/red).

×
Berita Terbaru Update