Menghadapi Musim Penghujan, Satgas Subsektor Rancaekek Bersama Warga Bersihkan Tumpukan Sampah Sungai Citarik

FAKTABANDUNGRAYA.COM, RANCAEKEK - Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek bersama Gober dan warga desa Haurpugur melaksanakan pembersihan sampah di aliran sungai Citarik, Rancaekek, Sumedang, Sabtu (27/10).

Satgas dan warga mengangkat tumpukan sampah yang menyangkut di Rel Kereta Api yang berlokasi tepat di kampung Cabok Kaler, RW, 01 RT 01, desa Haurpugur.

"Sampah tersebut berupa potongan potongan atau ranting ranting bambu dan sampah plastik yang terbawa arus air yang menyangkut di jembatan Rel kereta Api sehingga terjadi penumpukan," ujar Dansubsektor 21-01, Kapt Inf Ujang Mulyana.

Pada kegiatan kali ini, kata Ujang, Satgas dibantu oleh warga sekitar yang berjumlah hampir seratus orang, tim Gober, dan juga dihadiri oleh Kepala Desa Haurpugur.

Meski hanya mengangkat sampah permukaan, namun karena volume dan posisinya menyangkut di jembatan rel kereta api, dibutuhkan banyak personil untuk membersihkannya.

"Alhamdulilah kita bersama warga masyarakat, sampah yang begitu banyak bisa kita angkat dengan menggunakan tali tambang pakai cantolan besi dan ditarik sama sama masyarakat begitu bersemangat," ucap Kapt Ujang.

Selain karena sudah banyaknya tumpukan sampah di jembatan rel kereta api, kegiatan ini juga mengantisipasi potensi banjir bila musim penghujan tiba.

"Diharapkan pas turun hujan dan air besar tidak terhambat oleh sampah yang nyangkut yang mengakibatkan air tertahan dan menggenangi kampung gandok, kampung cabok, dan kampung Tegal tengah," jelasnya, "dan wilayah itu tiap musim hujan sering kena banjir, karena air terhalang oleh jembatan yang sangat pendek," pungkasnya. (Cuy)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.