Oded : Program WKSBM Gentong Sarebu Harus Menjadi Role Model Pengentasan Kemiskinan

BANDUNG, faktabandungraya.com,-- Pemerintah kota Bandung terus berupaya mengatasi Pengentasan kemiskinan, salah satunya melalui Program Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) - Gerakan Kantong Seribu (Gentong Sarebu).

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, optimis Gentong Sarebu akan dapat membantu saudara yang kurang mampu.

"Jika program ini terus bergulir, maka Kota Bandung akan semakin berkembang dari sisi sosial," ujar Oded optimis saat meresmikan Program WKSBM Gentong Sarebu, di Sekolah Citra Cemara, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (26/10-18).

Oded yang didampingi Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Rusdiantono dan Camat Bandung Kulon, Dadan Haeri Guratman mengatakan, Program WKSBM Gentong Sarebu harus menjadi role model bagi 29 kecamatan lainnya di Kota Bandung.

Sementara itu, Camat Bandung Kulon, Dadan Haeri Guratman mengatakan, Program WKSBM Gentong Sarebu merupakan upaya mengentaskan kemiskinan yang dibuat Kecamatan Bandung Kulon. Gerakan ini dilakukan dengan mengumpulkan donasi dari para Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha, dan warga yang mampu. Tim yang dibentuk mengumpulkan donasi yang terkumpul dari tiap kelurahan dan selanjutnya disalurkan kepada warga tak mampu.

“Konsepnya sebagai wahana silaturahmi warga yang mampu kepada yang miskin. Sebab kemiskinan harus dituntaskan secara bersama-sama,” tambah Dadan.

Gerakan ini, lanjut Dadan, melibatkan kepala sekolah, guru, pegawai Puskesmas, dan instansi pemerintah yang terdapat di Bandung Kulon. "Kita ajak semuanya untuk berpartisipasi,” jelasnya.

Deden mengungkapkan, program ini telah berjalan 3 bulan dan elama itu telah terkumpul dana sebesar Rp18 juta. "Itu untuk disalurkan kepada anak putus sekolah, warga yang sakit, hingga memberikan sembako kepada warga kurang mampu,” jelas Dadan (hms/sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.