9 Amanat KASAD Jenderal TNI Mulyono Dalam Pembukaan Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2018

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono membuka Apel Danrem Dandim Terpusat tahun 2018 di Aula Yudha Wastu Pramuka Pussenif Kodiklatad Bandung, Senin (26/11).


Kasad Jenderal TNI Mulyono menyampaikan, "tugas pokok TNI AD tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis baik dalam lingkup global, regional maupun Nasional," tegasnya.


Ditengah dinamika situasi keamanan itulah Satkowil diseluruh wilayah Indonesia tetap dituntut untuk melaksanakan tugas yang semakin besar khususnya dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan didarat.



Dalam pidato pembukaan pelaksanaan Apel Danrem dan Dandim Terpusat 2018, Kasad Jenderal TNI Mulyono juga menyampaikan 9 pesan dan amanat kepada seluruh peserta Apel, pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa. Kedua, pegang teguh netralitas TNI dalam pemilu 2019 dengan mengambil jarak yang sama dengan seluruh kontestan pemilu, sekaligus tidak melibatkan diri dalam politik praktis.


Selanjutnya, ketiga, "tingkatkan kesiapan operasional satuan dan profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), dalam pelaksanaan tugas di lapangan, khususnya dalam deteksi dini dan cegah dini," papar Jenderal TNI Mulyono.


Keempat, "imbangi kenaikan anggaran dengan meningkatkan profesionalisme Aparat komando kewilayahan sebagai wujud akuntabilitas organisasi, sekaligus pertanggungjawaban institusi kepada publik," ungkapnya.


Kelima, tingkatkan sinergi dan kerjasama dengan institusi dan lembaga pemerintah terkait melalui serbuan teritorial guna mensejahterakan masyarakat dan mendukung terwujudnya stabilitas nasional menjelang Pemilu 2019.


Amanat keenam, lanjut Jenderal Mulyono, tingkatkan komunikasi sosial dengan seluruh komponen bangsa untuk mempererat silaturahmi dengan masyarakat dalam rangka kemanunggalan TNI-Rakyat untuk mensukseskan pemilu 2019. Ketujuh, antisipasi tantangan tugas binter kedepan dengan memanfaatkan perkembangan IT sebagai sarana teritorial. 


Delapan, "pedomani arahan presiden RI dan Panglima TNI agar tetap menjaga netralitas TNI dalam pemilu 2019,  berikan tindakan tegas kepada prajurit yang terlibat dalam politik praktis. Amanat kesembilan, pertahankan kesiapan satuan dalam menghadapi pemilu 2019 dengan tetap melaksanakan program dalam bidang teritorial yang telah direncanakan," pungkas Kasad Jenderal TNI Mulyono.


Usai membuka secara resmi Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2018, Kasad menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba karya tulis teritorial 2018 dengan katagori Essay. Juara 1 Letkol Kav Suteja, S.H, M.SI Dandim 1602/Ende Korem 161/Wira Sakti Kodam IX/Udayana, Juara 2 Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H, PG.Dipl Ajudan Wakil Presiden RI (Mantan Dandim 0501/Jakarta Pusat Kodam Jaya, Juara 3 Kolonel Inf Boemi Ario, S.E Kabidjaminmutudik Sdirbindik Seskoad.


Sedangkan katagori Karmil Juara 1 Kapten Inf Th. Yosi Wibowo Kristianto Danklas Sustihto Seko Pusdiklatpasus, Juara 2 Lettu Inf Andito Sabhara, S.I.P Dankioan-A Yonif Para Raider 432 Brigif 3 Divisi 3 Kostrad dan Juara 3 Letda Chb (K) Eka Indri Widiarti, S.Tr (Han) Danton-2 Kipernika Yonhub Dithubad.


Selain itu, dalam pembukaan pelaksanaan Apel Danrem Dandim Terpusat, Kasad juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 6,5 Milyar dari sumbangan seluruh Prajurit dan Persit KCK untuk korban bencana khusus Prajurit kepada Danrem 132/Tadulaku Kolonel Inf Agus Sasmita. (Cuy).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.