Sosialisasi Citarum Harum Kepada Masyarakat Tak Ada Kata Libur


FAKTABANDUNGRYA.COM, BANDUNG - Sosialisasi dan kegiatan rutin harian satgas citarum harum tak pernah ada kata libur. Hari ini, Selasa (25/12) bertepatan dengan hari libur perayaan hari Natal, 17 Subsektor yang ada di wilayah Sektor 21 tetap terjun ke sungai bersama warga dan temui warga untuk mensosialisasikan program Citarum Harum.

Menurut laporan yang diterima oleh Dansektor 21, Kol Inf Yusep Sudrajat, masing masing Subsektor diantaranya, Subsektor 13 Cimteng dan Cimsel,  Subsektor 2 Cileunyi, Subsektor 9/ Ciparay, Subsektor 15 Sumedang, Subsektor 01  Rancaekek, Subsektor 16 Cicalengka melaksanakan Pembersihan dan Pengangkatan Sampah di Aliran Sungai Cibodas, Subsektor 17 Solokan Jeruk, subsektor 14 sungai Cimahi utara, Subsektor 3 Sungai Cipamokolan, Subsektor 8 Sungai Ciranjeng, Subsektor 7 Cisangkuy, Subsektor 05 Cikapundung, Subsektor 12 Wilayah Soreang dan Kutawaringin, Subsektor 10 Desa Nanjung, Subsektor 11 Desa Lagadar, Subsektor 4 sungai Cidurian.

Sebagian besar kegiatan yang dilakukan di tiap tiap Subsektor yang terbentang mulai dari Sumedang, Kabupaten Bandung, hingga Kota Cimahi ini adalah memelihara dan pembenahan bantaran dan aliran sungai yang terdapat di masing masing Subsektor.


Hal ini merupakan konsistensi yang terus ditunjukan satgas dalam mengemban tugas mengembalikan ekosistem sungai, " karena bukan cuma sekedar terjun ke sungai, ini adalah bagian sosialisasi yang konsisten diperlihatkan kepada masyarakat, sosialisasi harus setiap hari dan setiap saat," ujar Dansektor 21.

"Selama ini satgas terus melakukan sosialisasi menemui warga, berbicara pentingnya sungai bagi kehidupan. Satu prajurit temui satu warga setiap hari, meski belum maksimal bila dihitung dari jumlah perbandingan yang sudah tersosisalisasi dan yang belum, tapi satgas tetap bekerja semaksimal mungkin," uarainya.


Selain melakukan karya bakti di sungai, untuk mengantisipasi pencemaran limbah industri, Subsektor yang terdapat pabrik atau industri tetap melakukan pemerikasaan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Satgas Subsektor 21-13 Cimahi Selatan. Memastikan bahwa walaupun hari ini libur satgas berupaya mencegah praktek kecurangan pabrik, memanfaatkan hari libur dengan membuang limbah cair kotor ke sungai.

"Hari ini beberapa pabrik kami cek, baik dari aliran sungai dan outlet IPAL nya, sejauh ini kami tidak temukan aliran sungai dan pabrik yang kedapatan buang limbah kotor ke sungai," ungkap Serka Tedy, Wadansubsektor 21-13.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.