Angkat Gundukan Tanah Ditengah Sungai, Satgas Subsektor 21-2 Cileunyi Manfaatkan Untuk Pembuatan Tanggul


FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 2 Cileunyi berhasil angkat gundukan tanah sepanjang belasan meter yang berada di tengah aliran sungai Cikeruh, tepatnya di Rt 05 Rw 01, Kampung Pintu Air, Desa Rancaekek Kulon, Kabupaten Bandung.

"Lokasi gundukan tanah berada di sebelum jembatan pintu air, pengerukan dilaksanakan secara manual oleh satgas dan dibantu oleh tim gober serta warga sekitar," ujar Dansubsektor 21-2 Cileunyi, Serma Agus Gustomi, Rabu (6/2/19).

Selain gundukan tanah, kata Serma Agus Gustomi, satgas juga mengangkat lumpur atau sedimentasi dasar sungai. " Pengerukan berhasil dilaksanakan satu hari, tanah dan lumpur diangkat ke pinggir sungai dan akan digunakan sebagai tanggul sungai," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Agus Gustomi, hari ini (Rabu) satgas akan melanjutkan pembuatan tanggul sungai di lokasi Kampung Pintu Air, karena berdasarkan keluhan dari masyarakat bahwa jika terjadi hujan yang deras, kerapkali air sungai meluap ke pemukiman warga. 

"Atas dasar keluhan dan pengamatan kami di lapangan, ada titik titik dimana pinggiran sungai hampir sejajar dengan sungai, untuk itu anggota Satgas dibantu gober dan masyarakat akan membuat tanggul dengan panjang sekitar 30 Meter, dengan tinggi 1 Meter, dengan karung yang diisi tanah sebagai upaya mengantisipasi banjir luapan sungai," jelasnya. (Cuy).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.