Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Gelar Karya Bhakti Gabungan, Dansektor 21 Inginkan Cimahi Sebagai Kota Percontohan Citarum Harum


FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIMAHI - Dengan semangat kebersamaan dengan keterlibatan semua elemen dan unsur masyarakat (Pentahelix) serta ingin menjadikan Kota Cimahi sebagai wilayah percontohan dalam rangka mewujudkan keberhasilan program citarum harum yang diamanahkan melalui Perpres 15 Tahun 2018. 

Satgas Citarum Sektor 21 dibawah kepemimpinan Dansektor Kol Inf Yusep Sudrajat melaksanakan kegiatan karya bhakti bersama berbagai elemen dan unsur masyarakat di aliran sungai Cibaligo di wilayah Subsektor 21-13 Cimahi Selatan, tepatnya di Jalan Cibaligo, Rw 30, Kelurahan Cibereum, Cimahi selatan Kota Cimahi, Senin (18/3/19). 


Kegiatan Ini bukanlah kali pertama dilakukan di wilayah Kota Cimahi. Hanya saja, dalam kesempatan kegiatan hari ini, menurut data yang dihimpun Satgas Sektor 21, melibatkan kurang lebih 300 orang dari berbagai elemen masyarakat. Selain melibatkan dari unsur pemerintah Kota Cimahi (DLH dan DPKP Kota Cimahi), warga Rw 30 Kelurahan Cibeureum, dan 48 pabrik (pelaku industri) yang ada di sekitar Cimahi Selatan menerjunkan 5 karyawan tiap pabrik.


Memimpin Apel secara langsung sebelum kegiatan, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat menyerukan didepan ratusan warga bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memacu semua pihak untuk sama sama dan segera berbuat demi mewujudkan percepatan dalam mengembalikan kelestarian ekosistem DAS Citarum yang diamanahkan melalui Perpres 15 Tahun 2018.

"Kita melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan sungai Cibaligo adalah untuk memacu semua pihak untuk segera berbuat, dan kita mulai dari kota Cimahi, karena saya lihat kota Cimahi ini adalah kota yang sangat kecil, dan bisa menjadi kota percontohan dalam rangka program Citarum Harum,” ujar Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Di kota Cimahi, kata Kolonel Yusep, hanya ada beberapa sungai, "dan saya perhatikan masyarakat Cimahi welcome untuk mau berbenah, berbuat, dan peduli terhadap lingkungan, maka hal inilah yang Satgas Citarum Sektor 21 manfaatkan serta terus didorong oleh TNI,” ungkap Dansektor 21.


Sasaran karya bhakti meliputi pembersihan sampah dan rumput liar yang ada di pinggir sungai yang posisinya persis bersebelahan dengan jalan, mengangkat sampah yang tersangkut di dasar aliran sungai Cibaligo. Hasil yang dicapai dari kegiatan kali ini mencapai radius lebih dari 2 Km sekitar sungai.

“Kita tahu sendiri kekuatan TNI terutama di Sektor 21 sangat kecil, maka tidak bisa semuanya dikerjakan oleh Sektor 21, sehingga kerjasama dari semua pihak sangat membantu terciptanya dan tercapainya sasaran-sasaran yang dibuat oleh Perpres No 15 Tahun 2018 tentang Citarum Harum yang isinya memerintahkan kita untuk segera mengembalikan ekosistem DAS Citarum,” tuturnya. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar