Puncak Hari Air Sedunia Ditandai Penetapan Destinasi Wisata Waduk Darma

Andri Heryanto, ST, M.A.P, MT
Sekrataris Dinas SDA JAbar 

Bandung, faktabandungraya.com,-- Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat, Andri Heryanto, ST, M.A.P, MT merasa bersyukur karena puncak hari air sedunia  tingkat Nasional 2019  kembali digelar di Jawa Barat  yang akan berlangsung di Waduk Darma Kabupaten Kuningan, pada tanggal 29 Maret, mendatang.
Menurut Sekdis SDA, Andri Heryanto, peringatan Hari Air Sedunia yang diperingatan setiap tanggal 22 Maret,  setiap tahun mengangkat tema yang berbeda-beda, untuk tahun 2019 ini temanya ;” "Leaving No One Behind" yang artinya tak ada satupun kalangan yang tak dapat akses air bersih”.
Tema ini mengandung makna cukup berarti yaitu  mengingatkan masyarakat umum atau dunia akan pentingnya air bersih sekaligus menyadarkan masyarakat untuk bersama-sama berjuang mengelola sumber air bersih yang yang berkelanjutan.
Hal ini dikatakan Andri Heryanto didampingi Kabid Operasi dan Pemeilihaan, Bambang Sumantri, saat ditemui disela-sela acara peringatan Hari Air Sedunia 2019 di kantor Dinas SDA Jabar, jalan Braga- Bandung, Jum’at (22/3-2019).  
Dikatakan, dengan ditetapkannya Waduk Darma sebagai tempat  diselenggarakannya Hari Air  Sedunia 2019, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi provinsi Jabar. Hal ini sejalan dengan keinginan pak Gubernur Ridwan Kamil  yang menginginkan agar kita di Dinas SDA Jabar, tidak hanya berfungsi sebagai ruang air tapi juga sebagai ruang publik yang dapat menjadikan tujuan wisata bagi masyarakat.
Bambang Sumantri 
Kabis OP SDA Jabar 
“ Waduk Darma sudah dicanangkan sebagai Destinasi Wisata Internasional,  dengan demikian tentunya kita berharap, kehadiran para pejabat Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota termasuk undangan dari berbagai negara sahabat, secara tidak langsung Waduk Darma semakin dikenal sebagai destinasi wisata, harapnya.
 Adapun yang hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipastikan akan hadir, selain itu beberapa menteri kabinet indonesia kerja dipastikan juga akan hadir beberapa di antaranya Menteri Pariwisata, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan lain sebagainya.
Sementara itu, Keid OP SDA Jabar,  Bambang Sumantri menambahkan, kegiatan yang digelar di kantor Dinas SDA Jabar hari ini, merupakan rangkaian peringatan hari air sedunia dengan jenis kegiatannya berupa senam pagi bersama, hiburan, games, dan bazar murah. 
Sedangkan untuk kegiatan puncaknya yang digelar di Waduk Darma Kuningan ada dua kegiatan inti, yaitu akan dilaunching yaitu Pertama, pencanangan waduk, situ, saluran dan pantai multifungsi di Jawa Barat. Didalamnya ada, revitalisasi, dan penataan Waduk Darma, Situ Ciburui, Situ Rawa Kalong, Kalimalang, dan Pangandaran.
“Ini sebagai sumber air, destinasi wisata, watersport dan juga gelar budaya. Ini juga, sebagai lima proyek strategis sumber daya air di Jawa Barat, yang tahun ini (2019) mulai dilaksanakan,” jelasnya.
Kegiatan kedua, pencanangan waduk darma sebagai destinasi wisata internasional dengan leading sektornya Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jabar.  Dan dalam waktu yang bersamaan juga akan ditebar bibit ikan sebanyak 1 juta bibit.
Adapu jenis bibit ikan apa saja yang tebar, menurut Bambang dirinya kurang tahu pasti karena kegiatan tersebut penanggungjawabnya adalah Dinas Perikanan dan kelauatan Jabar. Adapun, Tujuan tebar bibit ikan untuk menghidupkan ekosistem air waduk darma, ujarnya.  (husein).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.