Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PWI Jabar Akan Gelar Diskusi UU Pers - UU ITE dan KEJ

Jumat, 01 Maret 2019 | 16:00 WIB Last Updated 2019-03-01T09:00:39Z
Bandung, Faktabandungraya.com,-- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Provinsi Jawa Barat menilai tidak semua wartawan faham akan sanksi dan ancaman yang diatar dalam Undang-undang Pers dan Undang-undang ITE No 11 tahun 2018. Untuk itu, dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Jabar, PWI Cabang Jabar akan menggelar Diskusi di Aula Sekretariat PWI Jawa Barat Jalan wartawan II No 23 Buah batu, Bandung, Jumat, (8/3/2019) mendatang.

Menurut Yayat TS (Bidang Advokasi PWI Jabar) selaku penanggungjawab Diskusi mengatakan, diskusi yang akan dilaksanakan nanti mengambil tema “Undang undang dan Keterjagaan Hak Publik Dalam Pemberitaan”.

Dalam diskusi nanti yang akan dibahas meliputi seputar Undang undang 40/1999, UU ITE, UU SPPA dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Dengan narasumber , Ketua Satgas Anti Kekerasan Dewan Pers, Kamsul Hassan, kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar serta Kasubdit Cyber Crime Polda Jawa Barat, kata Yayat di sekretariat PWI Jawa Barat, Jumat (1/3/2019).

Kenapa kita mengambil tema tersebut diatas, karena kita menyadari bahwa tidak semua wartawan faham akan sanksi dan ancaman dalam UU ITE. Karena itu, agar wartawan terhindar dari jeratan UU ITE ini tentunya kita berharap agar teman-teman wartawan di wilayah Bandung Raya dapat menghadiri acara diskusi ini.

Nanti para narasumber akan memberikan kita trik-trik bagaimana agar terhindar dari jeratan UU ITE ini saat menulis berita, ujarnyaYayat,

Seperti diketahui, Kamsul Hasan selain sebagai Ketua Komisi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat, ia juga dosen jurnalistik di beberapa perguruan tinggi di Jakarta dan petinggi di salah satu media nasional terkenal.

”Pak Kamsul, adalah ahli hukum pers. Ia juga salah satu petinggi di salah satu media nasional. Banyak ilmu yang akan kita dapat dari beliau,” tambah Yayat.

Ia berharap, dari kegiatan diskusi itu, dapat memberikan pencerahan kepada para peserta yang hadir. Selain wartawan, kata Yayat, panitia juga mengundang humas dari pemerintahan di wilayah Bandung Raya, humas kepolisian, humas kejaksaan, humas pengadilan, serta perwakilan dari PWI kabupaten/kota se-Jawa Barat.

“ Terutama seksi advokasi di daerah-daerah, karena nanti mereka lah yang akan mengedukasi teman-teman wartawan di daerahnya masing-masing. Sehingga sosialiasi ini bermanfaat bagi wartawan dan mitra kerja di Jawa Barat,” pungkasnya. (sein).

×
Berita Terbaru Update