Cemari Citarum, Satgas Sektor 11 Kompi 2 Berhasil Angkut 33 Ton Eceng Gondok

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Pencemaran tumbuhan eceng gondok yang memenuhi hamparan sungai Citarum menjadi salahsatu tantangan yang harus dihadapi Satgas Citarum Sektor 11. Upaya pembersihan sampai saat ini masih dilakukan di tiap wilayah Kompi Satgas Sektor 11, dengan cara pengangkatan secara manual.

Dansektor 11 Kol Caj Firman Aidil menganggap pencemaran tumbuhan eceng gondok di wilayah sektor nya sudah luar biasa karena jumlah dan luas tanaman yang menutupi aliran sungai, dirinya juga secara tegas mengungkapkan bahwa penyelesaian pencemaran eceng gondok menjadi prioritas yang dikerjakan satgas sektor 11.

Sejauh ini, khusus di wilayah Kompi 2 Sektor 11 mengklaim telah berhasil mengangkat tumbuhan eceng gondok sebanyak 33,5 Ton dengan luas pembersihan sekitar 1.900 meter persegi. Hal itu diungkapkan Kapten Arm Suhardi, S.E selaku Komandan Kompi 2 Satgas Sektor 11.

"Hingga 5 juli (2019), progres capaian kompi 2 yang membawahi 3 regu berhasil membersihkan dan mengangkat 33 ribu 5 ratus kilogram eceng gondok, dengan luas pembersihan sekitar 1.900 meter persegi dari wilayah masing masing regu," terang Kapt Arm Suhardi, Sabtu (6/7/19).

"Eceng gondok yang berhasil diangkat, untuk sementara ini dimusnahkan dengan cara dikeringkan trus dibakar," imbuhnya.

Eceng Gondok merupakan tanaman gulma, keberadaan eceng gondok dalam jumlah besar dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan perairan. Diantaranya, menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air. Eceng gondok yang mati mempercepat terjadinya proses pendangkalan, serta meningkatnya habitat bagi vektor penyakit pada manusia.

Selain membersihkan pencemaran tumbuhan eceng gondok, Kompi 2 Sektor 11 juga menjalankan tugas normalisasi sungai sesuai rencana aksi satgas sektor 11 di tiap tiap wilayah regu. Regu 1 desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi, Regu 2 desa Kertasari Kecamatan Haurwangi, dan Regu 3 di desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi.

"Untuk pembersihan sampah domestik, progres kompi 2 sudah berhasil mengangkat 5.665 kilogram sampah dari aliran dan bantaran sungai, dan telah melaksanakan pembersihan bantaran sungai sepanjang 18.000 meter persegi," ungkapnya.

"Progres dan capaian yang sudah kami lakukan, sesuai dengan apa yang kami laporkan ke poskotis satgas Sektor 11," pungkasnya. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.