Bersama Warga Mannem Papua, Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw Membuat Tepung Sagu

PAPUA, Faktabandungraya.com,--- Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw Kodam III/Siliwangi, di Pos Wembi dipimpin Serka Riki melaksanakan anjangsana dan membantu pembuatan tepung sagu secara tradisional bersama keluarga tokoh masyarakat bapak Lau Bogor di Kampung Wembi Distrik Mannem Papua, Selasa (17/9-2019).

" Proses pembuatan tepung sagu tidak mudah dan ternyata sangat susah serta sulit, harus melalui beberapa tahapan atau proses yang harus di lakukan, diantaranya pohon sagu harus benar-benar yang sangat tua, minimal usia sudah mencapai 5 tahun pohon sagu baru bisa di tebang, dikarenakan semakin tua pohon sagu tersebut maka semakin banyak tepung sagu yang akan dihasilkan, " ujar bpk lau Bogor.

Kemudian, pohon sagu dipotong- potong agar memudahkan proses penggilingan dengan alat khusus dan menjadi ampas agar memudahkan proses penyaringan dengan cara diremas-remas dan diberi air agar air tersebut mendorong menghasilkan tepung ke dalam tempat yang sudah disediakan, kemudian tidak sampai disitu, tepung yang bercampur air tersebut harus dengan proses pengendapan agar terpisah air dengan tepungnya.

Dengan sulitnya pembuatan tepung sagu, selama ini yang kami rasakan hanya membeli dan menikmati yang sudah jadi, tapi dalam proses pembuatan tepung sagu butuh kerja keras, tenaga dan proses yg harus dilakukan.

Dengan membantu dalam pembuatan tepung sagu Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw dalam hal ini Pos Wembi secara tidak langsung menambah persaudaraan terhadap masyarakat Kp. Wembi khususnya keluarga Bpk. Lau Bogor.

Bapak Lau Bogor beserta keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw (Pos Wembi) yang sudah membantu dalam proses pembuatan sagu secara tradisional.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw Mayor Inf Ary Sutrisno, S.I.P, menyampaikan, " Prajurit Siliwangi dalam setiap pelaksanaan tugas selalu berhasil kenapa, karena Prajurit Siliwangi selalu dekat dengan rakyat dan bisa mengambil hati rakyat ".

Oleh karena itu, " diharapkan Satgas Pamtas Yonif Raider 300 /Bjw bisa berbaur bersama masyarakat, dalam hal apapun bisa membantu dan meringankan kesulitan masyarakat, " imbuh Dansatgas Pamtas Yonif Raider Mayor Inf Ary Sutrisno, S.I.P. (Pendam/red).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.