Menunggu DOB Garsel, Disnakertrans Jabar Latih Masyarakat Pemeungpeuk Bidang Kepariwisataan

GARSEL., Faktabandungraya.com,--- Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Garut Selatan (Garsel) sudah siap untuk dibuatkan undang undangnya, tinggal menunggu dicabutnya moratorium oleh pemerintah pusat. Untuk itu, sembari menunggu pengesahan DOB, maka perlu dipersiapkan SDM yang sejak dini. Hal ini penting jangan sampai nanti setelah terbentuk DOB Garsel malah diisi oleh orang orang diluar Garsel.

Menurut Kadisnakertrans Jabar H.Ade Afriandi, daerah Garut Selatan memiliki potensi kepariwisataan yang cukup pontensial untuk dikembangkan, terutama dikecamatan Pameungpeuk.

Kecamatan Pameungpeuk memiliki pantai yang sangat indah dan masih sangat alami yaitu Pantai Sayang Heulang. Guna menunjang ekses kepariwisataan tentunya perlu penataan infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya, baik berupa penginapan / home stay, cafe dan sarana prasarana keperiwisataan.

Namun yang tidak kalah penting juga yaitu sumber daya manusia (SDM).

Dalam mempersiapkan SDM, maka Disnakertrans Jabar, melalui program Hiring Hall Desa (HADE) yang terkait dengan potensi desa, untuk itu Disnakertrans Jabar melalui Balai Latihan Kerja Mandiri merekrut dan melatih para calon tenaga bidang kepariwistaan yaitu berupa pelatihan Home Stay dan Cafe, kata Ade Afriendi saat ditemui disela pemberian araha kepada peserta dan pelatih. di lokasi wisata Pantai Sayang Heulang kec.Pameungpeuk Garut Selatan. Sabtu (28/9-2019).

Dikatakan, pelatihan Home Stay dan Cafe bagi warga Kecamatan Pameungpeuk diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari desa Mandalakasih (Desa Emas) dan Desa Manca Gahar (desa Peradaban). Mereka dilatih selama 4 hari dari tanggal 25-29 September 209, yang bekerjasama dengan asosiasi chef,

Mereka yang telah mengikuti pelatihan Home Stay, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi wisatawan yang datang dan nginap dirumah rumah warga dalam menikmati keindahan alam pantai sayang heulang.

Dengan pelayanan yang memuaskan tentunya sangat berkesan bagi wisatawan dan pasti akan kembali lagi bahkan kemungkinan membawa saudara-saudaranya untuk berlibur di pantai sayang heulang ini, ujarnya.

Sedangkan terkait pelatihan Cafe, tentunya diharapkan dapat mensajikan dan melanyani wisatawan dalam memenuhi kebutuhan makanan dan minuman yang diinginkan wisatawan.

" Para peserta dilatih mulai dari pemilihan bahan pokok makanan dan minuman, cara mengelola memasaknya/ minuman juece.,cara dan menyajikannya, sehingga saat disantap / diminum, mereka merasa puas dan nikmat", ujarya.

Lebih lanjut, Ade mengatakan, kedepan untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisata tentunya masih perlu banyak pembenahan dalam sarana prasarana dan edukasi bagi warga Pameungpeuk pada khususnya dan warga garut selatan pada umumya.

"Saya yakin pantai Sayang Heulang bila DOB Garsel terbentuk tingkat kunjungan wisatawan baik lokal, nusantara dan mancanegara akan meningkat tajam dan perekonomian masyarakat setempat juga meningkat". tandasnya. (husein).










Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.