Malam Puncak SAIK, Pemprov Jabar Boyong Tiga Penghargaan Terbaik di AMH 2019

BANGKA TENGAH, Faktabandunagraya.com,--- Malam puncak Sinergi Aksi Informasi Komunikasi (SAIK) 2019, Provinsi Jawa Barat (Jabar) meraih tiga penghargaan dalam acara Anugerah Media Humas (AMH) 2019 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (25/10/19).

Tiga penghargaan yang didapat dalam acara puncak SAIK 2019 terdiri dari Kategori Siaran Pers/Pemberitaan (Sekretariat Daerah Provinsi Jabar), Kategori Website (Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar), Kategori Pemain/Aktor Terbaik Festival Pertunjukan Rakyat.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jabar Setiaji, website Pemdaprov Jabar setiap harinya meng-update agenda rutin yang dilakukan, termasuk program dan informasi terkini berkaitan Jabar.

"Tentunya sangat senang website Pemdaprov Jawa Barat dihargai oleh Kominfo sebagai website terbaik," kata Setiaji usai menerima trofi di Novotel Bangka Hotel Convention Centre, Jl. Soekarno Hatta KM. 5, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (25/10-2019) malam.

"Masih ada kelemahan, keterbatasan, baik dari sisi pengelola maupun konten. Harapannya ke depan website akan lebih baik dan atraktif sesuai kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Setiaji pun berpesan, Humas harus bisa memberikan informasi yang mudah dicerna masyarakat. "Bukan lagi bahasa birokrasi, kalau perlu dengan bahasa yang tidak kaku sehingga masyarakat bisa menerima dengan mudah," ujarnya.

Selain itu, dia berharap adanya sinergi yang lebih erat lagi antara humas dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jabar.


"Karena data itu datang dari OPD, kita harapkan data itu bisa digabung jadi satu sesuai semangat Perpres Satu Data sehingga dari Humas atau Diskominfo mudah menganalisis data-data yang ada untuk disajikan kepada masyarakat," tutur Setiaji.

Adapun selain meraih penghargaan Kategori Website, Diskominfo Jabar juga menjadi nominator Kategori Media Sosial di AMH 2019.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Hermansyah secara terpisah mengatakan bahwa penghargaan Kategori Siaran Pers/Pemberitaan menjadi motivasi bagi Humas Jabar untuk meningkatkan kinerja.

"Terima kasih saya ucapkan kepada semua teman-teman Humas Jabar dan semua pihak yang telah mendukung pembuatan siaran pers ini," kata Hermansyah.

"Kami akan terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja. Semoga ke depan siaran pers kami akan bergelora sampai ke pelosok Jawa Barat dan nasional dengan semangat Jabar Juara Lahir dan Batin," tambahnya.

Selain menyabet Kategori Siaran Pers/Pemberitaan yang ditentukan oleh Dewan Juri Alfito Deannova, Sekretariat Daerah Provinsi Jabar juga menjadi nominator Kategori Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine).

AMH sendiri merupakan penghargaan tahunan yang rutin digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam rangkaian SAIK yang berlangsung pada 23-25 Oktober 2019.

Proses penjurian AMH 2019 dilakukan selama tiga hari pada 16-18 Oktober dengan peserta berjumlah 169 dari instansi pusat dan instansi pemerintah daerah dengan lima kelompok yakni Kementerian/Lembaga, BUMN/D, Perguruan Tinggi Negeri, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika yang juga menjabat Ketua Umum Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Indonesia Widodo Muktiyo berujar, AMH terus menyempurnakan diri sebagai momentum apresiasi bagi insan humas.

"Semoga kegiatan kita dalam menyampaikan informasi hingga dimengerti dan menumbuhkan partisipasi masyarakat menjadi ibadah kita. Saya mewakili Bapak Menkominfo (Johnny G. Plate), salam dari beliau. Beliau support kegiatan humas," kata Widodo.

Turut hadir dalam Malam AMH 2019 adalah Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Kementerian Kominfo yang juga Ketua Pelaksana Bakohumas Selamatta Sembiring, serta para Dewan Juri AMH 2019. (hms/red).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.